Home / Natuna News / Pembebasan Menuju Eliminasi Malaria di Kabupaten Natuna

Pembebasan Menuju Eliminasi Malaria di Kabupaten Natuna

(WartaKominfo) – Pemerintah Pusat tanggapi serius masalah Malaria di Kabupaten Natuna. Bersama dengan Tim Eliminasi Malaria dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, Pemkab Natuna telah melaksanakan pertemuan Advokasi, Sosialisasi dan Koordinasi persiapan Eliminasi Malaria di Kabupaten Natuna, bertempat di Ruang rapat Kantor Bupati Natuna Bukit Arai, Rabu (11/07).

Sekretaris Daerah Kabupaten Natuna Wan Siswandi, S.Sos, M.Si memberikan apresiasi kepada seluruh instansi yang telah beritikad baik untuk hadir dalam acara Advokasi, Sosialisasi dan Koordinasi persiapan Eliminasi Malaria tesebut. Ia juga menyambut baik kedatangan Tim dari Kementerian Kesehatan dan Dinas Kesehatan Provinsi Kepulauan Riau karena telah datang ke Natuna untuk mengatasi masalah malaria.

“Saya menyambut baik kedatangan beliau-beliau ini, dan kita disini harus melakukan hal yang lebih karena Pemerintah Pusat dan Pemerintah Provinsi sudah menunjukkan itikad bagus dan perhatiannya kepada pemerintah daerah dalam konteks penyakit Malaria ini”, kata Wan Siwandi dalam pembuka rapat.

Kabupaten Natuna merupakan salah satu daerah yang akan dipersiapkan untuk dapat di eliminasi malaria pada tahun 2018 berdasarkan usulan dari Dinas Kesehatan Provinsi Kepulauan Riau. Hal itu diutarakan Lesdiana dari Tim Eliminasi Malaria dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. Untuk pelaksanaanya, ia meminta dukungan dari berbagai pihak dan lintas sektor.

“Untuk eliminasi malaria ini kita membutuhkan kerjasama lintas sektor bukan hanya dari Dinas Kesehatan saja. Karena Malaria ini punya daerah reseptif, walaupun penduduknya tidak ada yang terkena malaria lagi, tetapi ketika datang orang dari luar yang kemungkinan membawa penyakit malaria, maka akan menularkan kembali kepada masyarakat. Nah itu yang harus kita hindari”, ujar Lesdiana.

Di Provinsi Kepulauan Riau sudah ada 3 Kabupaten Kota yang telah di eliminasi malaria yaitu Tanjungpinang dan Batam pada tahun 2013, kemudian Kabupaten Karimun pada tahun 2015. Natuna akan menjadi Kabupaten Kota yang ke 4 di Provinsi Kepulauan Riau yang akan di eliminasi malaria.

Pada pertemuan tersebut, Tim Eliminasi Malaria memaparkan materi Pembebasan Menuju Eliminasi Malaria dan Peran lintas Sektor serta Masyarakat.

Malaria merupakan suatu penyakit yang sudah tidak asing lagi didengar. Malaria adalah penyakit yang disebabkan oleh Plasmodium yang penyebarannya melalui kontak gigitan nyamuk Anopheles.

Di Indonesia, penyebaran nyamuk Anopheles atau nyamuk malaria sangat luas bahkan tidak tutup kemungkinan sampai di Kabupaten Natuna. Keberadaannya mulai dari daerah pantai, rawa, hutan, pegunungan dan bahkan di sekitaran pemukiman penduduk.

Untuk mencegah terjangkitnya penyakit Malaria dapat melakukan beberapa langkah diantaranya menghindari kontak gigitan nyamuk (memasang kasa anti nyamuk, tidur menggunakan kelambu, menyemprotkan insektisida rumah tangga, tidak berada diluar rumah pada malam hari) dan pengendalian populasi nyamuk melalui pendekatan integrated vector control management.

(Diskominfo/Mardi)

Official Site Manager Natuna Regency Website
Jl. Batu Sisir - Bukit Arai, Gedung B Lantai II - P. Senoa, Ranai - Natuna 29783, Indonesia.
Email: natuna@natunakab.go.id, Telp: +62-773-31554, +62-773-31554.
x

Check Also

Pencanangan Kampung KB di Kabupaten Natuna

(WartaKominfo) – Pencanangan Kampung Keluarga Berancana (KB) di Desa-Desa wilayah Kabupaten Natuna ...