web site hit counter
Home / Natuna News / Pemilih Cerdas Hasilkan Pemimpin Berkualitas

Pemilih Cerdas Hasilkan Pemimpin Berkualitas

Tgl Rilis: Jumat, 20 September 2019 | 04:07

(WartaKominfo) – Kunci kemajuan suatu daerah sangatlah tergantung pada pemimpinnya, baik mulai dari pemimpin tingkat Desa/Kelurahan yang memimpin Desa, bahkan sampai pada tingkat Presiden . Untuk memajukan suatu daerah diperluka seorang pemimpin yang berkualitas, yang memiliki jiwa membangun sehingga mampu mengelola daerah secara profesional dan berintegrasi. oleh karena itu, untuk mendapatkan seorang pemimpin yang seperti itu, peran masyarakat untuk menjadi pemilih yang cerdas sangat diharapkan. Hal ini menjadi perbincangan hangat dalam acara KOPI PAGI RRI Ranai, Jum’at (20/09).

Maju sebuah negara tentunya dimulai dari majunya suatu Desa. Ini tentu harus didukung dengan pemimpin yang baik, berintegritas, mempunyai program visi dan misi yang jelas, serta berpihak kepada masyarakat. Hal itu dikatakan oleh Plt. Asisten I Sekretariat Daerah Kabupaten Natuna Robertus Louis Stevenson selaku narasumber.

“Untuk memperoleh hal itu, tentu peran dari masyarakat ini yang paling penting. Tentu dengan cara menjadi pemimpin yang cerdas”, pungkas Louis.

Menurut Plt. Asisten I Setda Natuna tersebut, untuk menjadi seoran pemilih yang cerdas harus memperhatikan berbagai aspek. Caranya kenali siapa calonnya, kenali programnya, tolak atau perangi politik uang, perangi hoak dan kenali tim suksesnya.

Saat ini proses menjelang Pemilihan Kepala Desa serentak di Kabupaten Natuna masih dalam proses persiapan yaitu pendataan pemilih dan pada hari ini tanggal 20 September 2019 adalah penetapan Daftar Pemilih Tetap (DPT).

“Jadi 33 Desa itu, kami dari Dinas PMD bersama tim dari Pilkades Kabupaten juga sudah ke beberapa desa untuk bertemu dengan Panlih dan Panwas. Jadi kita memang mengkanpanyekan atau mensosialisasikan kepada pemilih agar memilih calon-calon yang berkualitas, berintegritas, kemudian kami juga mendorong mengkanpanyekan untuk tidak ada money politik di dalam kegiatan 2019 ini” ujar Kabid Bina Pemerintah Desa Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kabupaten Natuna Fadhly Azzuhry juga dalam acara KOPI PAGI.

Selain itu, berbicara tentang perpolitikan di Indonesia menurut Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan politik (Bakesbangpol) Kabupaten Natuna Mukhtar Ahmad akan berhubungan dengan rasa toleransi. Sepanjang ini, Bangsa Indonesia mulai dari perubahan dari masa orde baru, reformasi sampai dengan sekarang ini perpolitikan di tingkat nasional telah diakui oleh negara-negara lain bahwa indonesia adalah negara yang bertoleransi. Begitu juga halnya dengan perpolitikan di daerah khususnya di Kabupaten Natuna. Mukhtar Ahmad mengatakan bahwa selama ini perpolitikan di Kabupaten Natuna dapat berjalan dengan baik, aman dan kondusip. Hal itu dibuktikan dari berbagai pemilihan yang telah dilakukan baik itu dari Pilpres, Pilkada dan Pileg dari beberapa tahun yang lalu berjalan baik dan lancar.

“Alhamdulillah kalau tempat kita ini, kita adalah bangsa melayu, kita punya gurindam duabelas, artinya dalam salah satu pasal menyatakan kalau ingin melihat orang yang berbangsa lihatlah budi bahasa. Jadi Insyaallah kalau untuk politik di kabupaten natuna selama ini sudah berjalan dengan baik, namun kalu masih ada kekurangan di sana-sini itu hal yang biasa karena itu merupakan dinamika ketika kita dituntut untuk menerapkan era demokratisasi ini” tutur Kepala Bakesbangpol Kabupaten Natuna tersebut.

Di kesempatan yang sama, Andrizal Zen Plt. Kadis PMD Kabupaten Natuna mengatakan Pemilihan Kepala Desa serentak pada tahun ini yang akan dilaksanakan di 33 Desa di Kabupaten Natuna merupakan pemilihan kepala desa tahap kedua, yang sebelumnya telah dilakukan tahap pertama pada tahun 2016 sebanyak 29 Desa. Kemudian akan dilanjutkan tahap ke tiga pada tahun 2020 sebanyak 9 Desa. Ia juga mengatakan, terkait dengan pilkades ini, antusias dari masyarakat Kabupaten Natuna sangat luar biasa. Hal itu dikarenakan dari masyarat ingin sebuah perubahan kemajuan ditingkat Desa. (Diskominfo/Mardi)

Official Site Manager Natuna Regency Website
Jl. Batu Sisir - Bukit Arai, Gedung B Lantai II - P. Senoa, Ranai - Natuna 29783, Indonesia.
Email: natuna@natunakab.go.id, Telp: +62-773-31554, +62-773-31554.
x

Check Also

Ombudsman Perwakilan Kepri Gelar Sosialisasi SP4N LAPOR! Di Natuna

(wartaKominfo) – Sebagai Lembaga Negara yang mempunyai kewenangan mengawasi penyelenggaraan pelayanan publik, ...