web site hit counter
Home / Natuna News / Pemkab Natuna Gelar Rapat Evaluasi Pelaksanaan SPBE 2019

Pemkab Natuna Gelar Rapat Evaluasi Pelaksanaan SPBE 2019

Tgl Rilis: Jumat, 11 Oktober 2019 | 01:55

(wartaKominfo) – Optimalkan Penyelenggaraan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) di lingkungan Pemerintah Kabupaten Natuna, Pemerintah Kabupaten Natuna menggelar Rapat Evaluasi Pelaksanaan SPBE 2019. Rapat yang tersebut dipimpin oleh wakil ketua Tim Koordinasi SPBE yaitu Asisten III Setda Natuna, Izwar Asfawi didampingi Sekretaris Tim, Kadis Kominfo, Raja Darmika. Rapat tersebut diikuti seluruh OPD di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Natuna Kamis (10/10/2019) di Ruang Rapat Kantor Bupati Natuna.

Evaluasi SPBE dilaksanakan berdasarkan Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi RI Nomor 5 Tahun 2018 tentang Pedoman Evaluasi Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik. SPBE merupakan penyelenggaraan pemerintah dengan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk memberikan layanan kepada pengguna SPBE.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Natuna, Raja Darmika pada rapat tersebut mengatakan bahwa, tujuan Evaluasi SPBE adalah untuk mengetahui capaian kemajuan atau tingkat kematangan pelaksanaan SPBE pada Instansi Pemerintah Kabupaten Natuna. Sedangkan capaian pelaksanaan SPBE yang dinamai indeks SPBE yang dicapai Kabupaten Natuna pada tahun 2018 adalah 2,43 pada indeks skala 0-5. “Capaian kemajuan pelaksanaan SPBE dinamankan indeks SPBE, nilai indek SPBE yang kita capai pada tahun 2018 adalah 2.43 (cukup)” tutur Raja Darmika.

Berdasarkan hal tersebut, Raja juga memaparkan terkait Surat Edaran Bupati Natuna Natuna No 800/Diskominfo-SPBE/01/VII/2019 yang didalamnya ada 10 hal yang harus diperhatikan dan dilaksanakan guna meningkatkan indeks SPBE tersebut. Selain itu, Raja juga memaparkan 37 rekomendasi yang disampaikan MENPANRB. 37 rekomendasi tersebut diharapkan dapat digunakan setiap OPD sebagai pedoman dalam pelaksanaan pembangunan dan pengembangan SPBE yang terpadu sehingga dapat menghasilkan layanan SPBE yang berkualitas, terintegrasi, dan berkesinambungan serta bermanfaat bagi masyarakat, pelaku usaha, ASN, dan lainnya.

Ketika ditanyai mengenai layanan berbasis E-Goverment yang sudah diterapkan di Lingkungan Pemerintahan Kabupaten Natuna, Raja mengatakan diantaranya adalah e-planning, e-budgeting, e-monev, e-purchasing, e-kinerja, dan beberapa aplikasi khusus seperti aplikasi kependudukan, perizinan dan lainnya. (Diskominfo/Fera)

Official Site Manager Natuna Regency Website
Jl. Batu Sisir - Bukit Arai, Gedung B Lantai II - P. Senoa, Ranai - Natuna 29783, Indonesia.
Email: natuna@natunakab.go.id, Telp: +62-773-31554, +62-773-31554.
x

Check Also

Ombudsman Perwakilan Kepri Gelar Sosialisasi SP4N LAPOR! Di Natuna

(wartaKominfo) – Sebagai Lembaga Negara yang mempunyai kewenangan mengawasi penyelenggaraan pelayanan publik, ...