Home / Natuna News / Pemkab Natuna Tandatangani MOU Dengan BPJS Kesehatan

Pemkab Natuna Tandatangani MOU Dengan BPJS Kesehatan

(WartaKominfo) – Komitmen Pemerintah Kabupaten Natuna untuk menjamin kesehatan bagi masyarakat Kabupaten Natuna merupakan langkah serius Pemerintah Natuna dalam melindungi dan memberikan yang terbaik bagi kesehatan masyarakat.

Bentuk keseriusan tersebut tampak pada Penandatanganan Kerja Sama  Universal Health Coverage (UHC) oleh Wakil Bupati Natuna Dra. Hj. Ngesti Yuni Suprapti, MA dengan pihak BPJS Kesehatan (Kamis 17/01) di Aula Rapat Kantor Bupati Natuna _ Bukit Arai.

Penandatanganan tersebut juga disaksikan oleh Perwakilan Anggota DPRD Kabupaten Natuna, Asisten Bupati Natuna, Para Pimpinan Instansi Vertikal dari Kajari Kabupaten Natuna, TNI AU, TNI AL, TNI AD dan Polres Natuna.

Dalam sambutannya, Ngesti menyampaikan komitmen pemerintah Kabupaten Natuna dalam memberikan pelayanan kesehatan bagi masyarakat bermula sejak pemerintah mendirikan Rumah Sakit, kemudian dilanjutkan membuat sebuah kebijakan  memberikan jaminan kesehatan untuk masyarakat berupa Jamkesda. Namun dengan berjalannya waktu, kebijakan tersebut kini telah diambil alih oleh pemerintah pusat dengan nama Jaminan Kesehatan Nasional  (JKN) yg ada saat ini.

“Maka dari itu kita sepakat, pemerintah daerah khususnya Kabupaten Natuna dengan melihat kondisi Natuna ini adalah daerah Kepulauan, kalau dengan menggunakan BPJS secara mandiri, lembaga-lembaga keuangan di wilayah kepulauan ini tidak ada semua, hanya beberapa daerah saja yang ada. Untuk itu, mulai adanya sosialisasi dari BPJS kepada Pemerintah Kabupaten Natuna, itu segera kita kaji, begitu juga dengan kondisi masyarakat yang sudah terbiasa dengan menggunakan jaminan kesehatan daerah maka harus ada penyesuaian” tutur Ngesti.

“Alhamdulillah hari ini secara Nasional kita telah terakui dengan adanya kerjasama antara Pemerintah Kabupaten Natuna dengan BPJS untuk menjamin kesehatan masyarakat secara keseluruhan” lanjut Ngesti.

Orang Nomor 2 di Kabupaten Natuna ini juga menyampaikan bahwa saat ini penduduk Kabupaten Natuna yang sudah dijamin kesehatannya melalui BPJS  mencapai 97% sedangkan sisanya adalah bagi para PNS dan TNI. Ia juga berpesan agar kepada pihak terkait khususnya Dinas Kesehatan Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (Diskes PPKB)  Kabupaten Natuna, dan pihak Rumah Sakit untuk mensosialisasikan kepada masyarakat terkait dengan pengobatan dengan menggunakan BPJS ini terutama terhadap penyakit khusus atau yang tidak di jamin oleh Jaminan Kesehatan Nasional tersebut.

Pada kesempatan yang sama, Deputi Direksi Wilayah Sumatra Bagian Tengah dan Jambi BPJS Kesehatan Siswandi mengatakan, Natuna merupakan kabupaten  yang ke dua di Provinsi Kepulauan Riau yang berkomitmen bekerjasama dengan BPJS untuk mengkaver seluruh penduduknya. Maka dari itu, untuk merealisasikannya BPJS berharap ada dukungan dari pemerintah Kabupaten Natuna dengan adanya hubungan kerjasama ini.

“Kami yakin dari penyelenggaraan JKN yang sudah berlangsung saat ini, menyadari masih ada beberapa kendala dan kekurangan. Untuk itu kami mengharapkan dukungan dan kerjasamanya agar kami dapat memperbaikinya. Mudah-mudahan kerjasama yang diawali pada tahun ini dapat berjalan dengan baik dan dapat memberikan manfaat yang optimal kepada seluruh masyarakat di Kabupaten Natuna” ujar Siswandi.

Selain acara Penandatanganan Kerjasama tersebut juga dilakukan Penyerahan Kartu Indonesia Sehat (KIS) kepada perwakilan dari masyarakat secara simbolis oleh Wakil Bupati Natuna, Deputi Direksi Wilayah Sumatra Bagian Tengah dan Jambi BPJS Kesehatan, Perwakilan Anggota DPRD Kabupaten Natuna, Kepala Diskes PPKB Kabupaten Natuna dan Direktur RSUD Kabupaten Natuna.

(Diskominfo/Mardi)

Official Site Manager Natuna Regency Website
Jl. Batu Sisir - Bukit Arai, Gedung B Lantai II - P. Senoa, Ranai - Natuna 29783, Indonesia.
Email: natuna@natunakab.go.id, Telp: +62-773-31554, +62-773-31554.
x

Check Also

Wabup Natuna sampaikan Pidato pengantar Keuangan Rancangan Perda APBD Perubahan 2019

Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Natuna Natuna menggelar Rapat Paripurna dengan ...