web site hit counter
Home / Natuna News / Peringati Hari Bersih Dunia, Pemda Natuna buat Aksi Bersih Pantai

Peringati Hari Bersih Dunia, Pemda Natuna buat Aksi Bersih Pantai

Tgl Rilis: Saturday, 19 September 2020 | 17:32

(WartaKominfo) – Hari ini Sabtu (19/09), dunia memperingati Hari Bersih Dunia, dimana masyarakat dari berbagai daerah memaknainya dengan cara mereka masing-masing. Natuna merupakan satu dari sekian banyak kota yang merayakan hari bersih dunia ini, bersama pemda, mereka mengajak masyarakat dari berbagai organisasi dan OPD untuk melakukan aksi bersih pantai di taman wisata geopark Batu Kasah.

Dalam kesempatan ini, pemda juga memanfaatkannya untuk menyalurkan bantuan langsung berupa tong sampah terpilih ( organic dan non-organik ) dan juga tumblr yang dapat digunakan berulang kali dengan maksud mengurangi sampah plastik di Natuna.

Dalam kata sambutannya, Bupati Natuna, Abdul Hamid Rizal menyampaikan jika melakukan bersih – bersih ini tidak harus bertepatan dengan world clean up day akan tetapi kita harus melakukannya setiap hari untuk kebaikan diri kita dan sekitar, selain itu mengurangi penggunaan sampah plastik jugalah penting untuk kelangsungan biota laut.

“ bersih itu sehat dan bersih itu juga ibadah” tambahnya.

Selanjutnya, Beliau juga berharap jika acara ini memberikan efek yang sangat positif untuk masyarakat dan bersifat berkelanjutan.

Di kesempatan yang sama, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kab. Natuna, Boy Wijanarko Variyanto, menuturkan

“ Dinas Lingkungan Hidup memiliki beberapa program dalam menangani sampah, yang pertama program tacilnatalik (tangan kecil menata lingkungan) dimana proses pemilahan sampah ini dimulai dari rumah dan anak – anak, kemudian ada Millih ( millenial peduli sampah ) itu lebih ke anak tingkat SMP dan SMA, dan yang terakhir GeMasPilih (Gerakan Mayarakat Perduli Sampah), selama ini masyarakat hanya membuang sampah mereka sembarangan karena mereka tidak mengetahui jika ada beberapa jenis sampah yang bernilai ekonomis, katakanlah plastik. Sampah ini mereka buat diparit yang kemudian jika hujan datang dapat menyebabkan banjir, yang mana membuat kerugian untuk diri mereka sendiri.”

Selanjutnya beliau juga menyampaikan jika saat ini kota Ranai sudah memiliki Bank Sampah yang dapat di manfaatkan oleh anak – anak muda untuk menukarkan setiap kilo sampah plastik yang mereka kumpulkan menjadi uang.

Pemda Kab. Natuna berharap jika “bersih” terutama perihal sampah, dapat menjadi suatu kewajiban yang dimiliki setiap lapisan masyarakat baik yang muda maupun yang tua, itu semua dilakukan untuk menghindarkan diri dari berbagai penyakit yang kini sangat mudah untuk mewabah.

(Diskominfo/ Fera/ Ira)

Official Site Manager Natuna Regency Website
Jl. Batu Sisir - Bukit Arai, Gedung B Lantai II - P. Senoa, Ranai - Natuna 29783, Indonesia.
Email: natuna@natunakab.go.id, Telp: +62-773-31554, +62-773-31554.
x

Check Also

Jika Kasus Positif Covid-19 Bekembang, Siapkah Natuna

(wartaKominfo) – Semenjak perubahan status ‘zona hijau menjadi zona kuning’ kesiapan Kabupaten ...