web site hit counter
  SELAMAT DATANG DI WEBSITE RESMI PEMERINTAH KABUPATEN NATUNA  
Home / Natuna News / Presentasi Penelitian P3GL – Kemen. ESDM RI di Pulau Tiga Kab. Natuna tentang Potensi Energi Arus Laut

Presentasi Penelitian P3GL – Kemen. ESDM RI di Pulau Tiga Kab. Natuna tentang Potensi Energi Arus Laut

Tgl Rilis: Friday, 6 June 2014 | 04:13

Laut mempunyai sumber energi besar yang menarik untuk dikembangkan sebagai pembangkit listrik, karena sifatnya yang relatif stabil dan dapat diprediksi karakteristiknya. Perkembangan teknologi pemanfaatan energi samudera, khususnya arus laut sebagai energi baru terbarukan di dunia saat ini berkembang dengan pesat, seiring dengan meningkatnya tuntutan akan kebutuhan energi listrik masyarakat kawasan pesisir. Tercatat beberapa negara telah berhasil melakukan instalasi pembangkit energi listrik dengan memanfaatkan energi arus laut.
Untuk itu, P3GL (Pusat Penelitian dan Pengembangan Geologi Kelautan) Kementerian ESDM (Energi Sumber Daya Mineral) RI, memberikan kontribusinya dengan melakukan penelitian karakteristik arus laut di Kecamatan Pulau Tiga Kabupaten Natuna, pada tanggal 18 Mei s/d 06 Juni 2014. Pengukuran arus laut mengadopsi prinsip teknologi energi angin yang telah lebih dulu berkembang, dengan mengubah energi kinetik arus laut menjadi energi rotasi dan energi listrik.
Hal ini disampaikan Kepala Dinas Pertambangan dan Energi Kabupaten Natuna, Ilham Khauli, S.Sos. M.Si, dalam acara Presentasi Pemaparan Kajian Penelitian Potensi Energi Arus Laut di Kecamatan Pulau Tiga Kabupaten Natuna oleh Tim P3GL – Kemen. ESDM RI, bertempat di ruang rapat Kantor bupati Natuna, Senin (02 Juni 2014) pagi.

Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui potensi energi arus laut sebagai sumber tenaga listrik terutama pada pulau-pulau kecil, dengan sasaran penelitian untuk mengetahui morfologi dasar laut dari sifat-sifat hidro-oseanografi, sehingga dari data tersebut dapat diketahui nilai energi kinetik arus laut yang dikonversikan ke dalam energi listrik dan referensi lokasi yang memenuhi syarat yang dibutuhkan, sebagai data masukan dasar dalam pemanfaatan energi arus laut untuk pembangkit listrik di kawasan Kecamatan Pulau Tiga.

Selanjutnya, koordinator lapangan dari Tim P3GL – Kemen. ESDM RI, Mario Dwi Saputra, ST. MT, mengungkapkan bahwa untuk mendapatkan hasil yang maksimal, penelitian ini harus dilakukan dalam beberapa tahapan, yang meliputi studi data sekunder dan pengukuran di lapangan.

Diharapkan pengembangan Pembangkit Listrik Tenaga Arus laut (PLTAL) sepatutnya menjadi prioritas pemerintah dalam menekan subsidi BBM, sekaligus menghasilkan energi yang ramah lingkungan dan sangat potensial, khususnya untuk Wilayah Kabupaten Natuna yang dikelilingi lautan.

(Ditulis oleh : Ermiza – Staf Bagian Humas)

Gedung B Lantai II P. Senoa, Jl. Batu Sisir, Bukit Arai, Kab. Natuna 29783, Indonesia.
Email: mail@natunakab.go.id, Telp: 0821 6944 1216 / 0811 7755 520 (WA only)
x

Check Also

Antisipasi Joki Saat SKD, BKPSDM Pakai Teknologi Pendeteksi Wajah

(wartaKominfo) – Badan Kepegawaian, Pemberdayaan dan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Natuna telah ...