Home / Natuna News / Rapat Senat Wisuda STAI Natuna

Rapat Senat Wisuda STAI Natuna

Untuk melaksanakan pembangunan daerah serta percepatan peningkatan ekonomi diperlukan sumberdaya manusia yang berkualitas serta mampu menjawab tantangan global dimana semakin hari tantangan itu terasa semakin berat. Untuk itu, pekerjaan besar pemerintah daerah dan seluruh lapisan masyarakat adalah menciptakan dan selalu mengembangkan potensi diri agar dimasa hadapan sumberdaya manusia Natuna dapat berbuat lebih banyak untuk dirinya, keluarga, masyarakat daerah, bangsa dan negaranya.

Hal ini disampaikan Bupati Natuna dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Natuna, Drs. H. Ilyas Sabli,M.Si pada acara Wisuda Sarjana Angkatan VI Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI) STAI Natuna Tahun Akademik 2008/2009, di Ruang Rapat Paripurna DPRD Kabupaten Natuna, Sabtu (07/10) pagi. Menurutnya, dalam melaksanakan pembangunan, pendidikan merupakan salah bidang penting. Untuk itu, Pemerintah Daerah Kabupaten Natuna selalu memberikan perhatian lebih terhadap lembaga-lembaga edukasi yang ada, diantaranya STAI yang merupakan sekolah tinggi satu-satunya yang ada di Kabupaten Natuna dengan memperkenankan pemakaian gedung kampus yang terletak di Komplek Gerbang Utaraku dan rencananya tidak berapa lama lagi dapat dipergunakan guna proses pengajaran akademik bagi para mahasiswanya.

Sejauh ini, STAI Natuna telah banyak memberikan kontribusi dalam pembangunan terutama menghasilkan sumberdaya manusia yang mengabdikan dirinya sebagai tenaga pengajar di Kabupaten Natuna. Ini merupakan kontribusi yang tidak kecil. Untuk itu, dimasa-masa yang akan datang Pemerintah Daerah Kabupaten Natuna mengharapkan STAI Natuna dapat lebih menguatkan lembaganya dengan menambah program study yang relevan dengan potensi dan dinamika pembangunan Kabupaten Natuna dimasa hadapan.

Dalam kesempatan yang sama, Ketua Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Natuna, Umar,S.Ag mengatakan bahwa mahasiswa yang diwisuda kali ini berjumlah 48 orang yang sebagian besar merupakan mahasiswa lanjutan. Sebagian besar wisudawan kali ini memang sudah berusia lanjut namun yang dapat diambil suatu pembelajaran dari wisudawan angkatan IV kali ini adalah umur bukanlah suatu hambatan bagi manusia untuk menimba ilmu yang lebih tinggi. Hendaknya wisudawan kali ini dapat menjadi motivasi bagi mahasiswa lainnya untuk dapat terus bersemangat dalam menuntut ilmu yang nantinya akan berguna dalam menjalani hidup kehidupan dan menjawab tantangan zaman.

Sampai saat ini alumni STAI program studi Pendidikan Agama Islam berjumlah 259 orang (DII 159 orang dan S I 105 orang) yang saat ini sebagian besar menjadi tenaga pengajar PNS dan tersebar diseluruh wilayah kerja Kabupaten Natuna. Sedangkan untuk wisudawan perdana program study Ekonomi Islam direncanakan akan dilaksanakan pada tahun 2010 mendatang. Ini menjadi bukti bahwa STAI selalu berupaya menciptakan Sumberdaya manusia yang berkualitas dan mampu memberikan kontribusi nyata bagi percepatan pelaksanaan pembangunan Kabupaten Natuna.

Menurutnya untuk kedepan STAI akan melakukan langkah-langkah strategis guna memperkuat lembanga edukasi ini serta berupaya untuk mengakreditasi program studi yang ada. STAI juga berencana untuk menambah program studi lain mengingat program study yang ada akan mengalami kejenuhan karena jumlah lulusan program study Pendidikan Agama Islam yang ada di Kabupaten Natuna sudah cukup banyak. Sedangkan program study Ekonomi Islam yang akan diluluskan tahun depan, STAI juga akan mencari solusi dan formulasi yang tepat dengan berbagai pihak agar lulusan ini dapat diberdayakan semaksimal mungkin dalam upaya pengembangan perekonomian daerah. (Alex/Ermiza)

Sumber : Bagian Umum Setda Kab. Natuna (09/11/2009

Official Site Manager Natuna Regency Website
Jl. Batu Sisir - Bukit Arai, Gedung B Lantai II - P. Senoa, Ranai - Natuna 29783, Indonesia.
Email: natuna@natunakab.go.id, Telp: +62-773-31554, +62-773-31554.
x

Check Also

Pemda Natuna Gelar Upacara Memperingati HUT RI ke 73

(WartaKominfo) – Permerintah Daerah Kabupaten Natuna menggelar Upacara Bendera dalam rangka memperingati ...