web site hit counter
  SELAMAT DATANG DI WEBSITE RESMI PEMERINTAH KABUPATEN NATUNA  
Home / Natuna News / Sosialisasi Sistem Pengolahan Air Limbah Domestik (SPALD)

Sosialisasi Sistem Pengolahan Air Limbah Domestik (SPALD)

Tgl Rilis: Wednesday, 3 March 2021 | 13:59

(wartaKominfo) – Pemerintah Kabupaten Natuna melalui Dinas Perumahan Rakyat Kawasan Permukiman Dan Pertanahan melakukan sosialiasi dan koordinasi awal sistem pengolahan air limbah domestik (SPALD) terpusat/setempat sanitasi berbasis masyarakat (SANIMAS).

Kegiatan tersebut dibuka oleh Plh. Kepala Dinas Perkim, Erry Gapina. Ia menyampaikan kepada Kepala Desa dan Camat agar turut serta dalam pengawasan, memonitoring, dan mengevaluasi kegiatan tersebut nantinya yang mana jika program SANIMAS ini berhasil, bisa memberikan dampak positif dari program sanitasi ini.

Acara koordinasi awal pengelolaan air limbah domestik ini dalam bentuk paparan materi dan diskusi terbuka dari pemateri atau narasumber.

Dalam paparannya Drs. M.Tatang Muhsin selaku narasumber juga menyampaikan pentingnya meningkatkan akses perluasan sanitasi.

“untuk meningkatkan akses perluasan sanitasi ini yang mana sebagai salah satu pelayanan dasar untuk pemukiman penduduk yang daerahnya lumayan padat” kata Tatang.

“Sebagai informasi dari hasil lembaga riset 50 dari 1000 bayi meninggal dunia karena diare, 75% sungai di Indonesia sudah tercemar, 70% Air tanah di Indonesia juga tercemar, ini menunjukkan pentingnya mengelola air limbah dan tidak hanya berdampak pada kesehatan tetapi juga memiliki potensi kerugian yg bisa mencapai 83 triliun di level nasional”. Sebagaimana disampaikan Suratmojo Selaku kabid Kawasan Permukiman

Dinas Perkim juga berharap program sanimas ini bersinergi dengan kelompok swadaya masyarakat (KSM) agar membangun sesuai spesifikasi yang telah ditetapkan. Dan pemerintah Desa juga membantu untuk biaya pemeliharaannya.

Turut hadir Camat dan Kepala Desa penerima program, dinas terkait yang berkenaan dengan permasalahan sanitasi, Tenaga Fasilitator Lapangan Teknis dan Pemberdayaan.

(Diskominfo/Dani)

Gedung B Lantai II P. Senoa, Jl. Batu Sisir, Bukit Arai, Kab. Natuna 29783, Indonesia.
Email: mail@natunakab.go.id, Telp: 0812 7013 6792
x

Check Also

Tim Sensasi, Harmonisasi Pemda Natuna bersama Media akan Terterjalin.

(wartaKominfo) – Dengan dibentuknya Tim penyusunan Strategi Harmonisasi di bidang Informasi (Sensasi) ...