Home / Natuna News / Satpol PP Kabupaten Natuna Gelar Sosialisasi Rencana Pengikut Sertaan Satlinmas dalam Giat Operasi Penegakan Perda

Satpol PP Kabupaten Natuna Gelar Sosialisasi Rencana Pengikut Sertaan Satlinmas dalam Giat Operasi Penegakan Perda

Jum’at (14/9) pagi, Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Natuna menyelenggarakan kegiatan Sosialisasi dan Pembekalan Rencana Pengikut Sertaan Anggota Perlindungan Masyarakat (Linmas) dalam Kegiatan Operasi di Satpol PP, bertempat di Ruang Serbaguna Kantor Kelurahan Ranai Darat, Jalan H. R. Soebrantas, Ranai Darat, Ranai.

Hadir pada kesempatan tersebut Lurah Ranai Darat, Sekretaris Dinas Pemadam Kebakaran, beberapa Kepala Seksi dan Personil Satpol PP, Babinsa Ranai Darat, Anggota Satlinmas, Ketua RT dan RW dilingkungan Kelurahan Ranai Darat.

Lurah Ranai Darat, Awang Natuna dalam sambutan pengantarnya menyampaikan apresiasi kepada pihak Satpol PP karena telah menetapkan Kelurahan sebagai salah satu lokasi kegiatan sebagai bentuk perhatian yang dirasa akan berpengaruh terhadap efektifitas dan peningkatan peran Satlinmas dalam upaya menciptakan Trantibum.

Awang juga menerangkan bahwa seiring waktu, komposisi tatanan sosial semakin dinamis.

Oleh karenanya, diharapkan kepada seluruh Ketua RT, RW dan Linmas sebagai perpanjangan tangan pemerintah dalam tugasnya masing-masing, dapat melaksanakan tugasnya sesuai kewenangan, diantaranya melalui penerapan aturan 2 X 24 jam warga wajib lapor, serta pemantauan keberadaan kos-kosan dari berbagai aktifitas yang bersifat negatif.

Selanjutnya Kabid Linmas PP, Nanang Agus Hidayat menerangkan bahwa tugas Satlinmas yang sangat penting saat ini adalah mewujudkan dukungan pengamanan pelaksanaan pemilu, selain tugas rutin yang diembannya, yaitu mewujudkan trantibum ditengah masyarakat, membantu menanggulangi bencana dan mendukung berbagai kegiatan sosial kemasyarakatan dan ikut serta dalam upaya bela negara.

Nanang juga menjelaskan bahwa keberadaan Satlinmas merupakan implementasi Permendagri nomor 84 Tahun 2012 dimana satuan ini dibentuk oleh pemerintahan desa maupun kelurahan melalui perekrutan dimana selanjutnya akan dilantik oleh Bupati melalui Kepala Satpol PP.

Dengan kata lain, peran Satlinmas sangat besar dibawah koordinasi Satpol PP di daerah sebagai instrumen ujung tombak trantibum yang berhadapan langsung dengan masyarakat.

Untuk itu, melalui momentum ini, diharapkan seluruh anggota Satlinmas dapat menyerap informasi yang akan diberikan guna meningkatkan peran dan fungsi melalui rencana keikut sertaan dalam operasi Satpol PP dalam upaya menciptakan trantibum ditengah masyarakat dalam skala yang lebih luas.

(Humas_Pro//Lnms*Aries/Alex)

Official Site Manager Natuna Regency Website
Jl. Batu Sisir - Bukit Arai, Gedung B Lantai II - P. Senoa, Ranai - Natuna 29783, Indonesia.
Email: natuna@natunakab.go.id, Telp: +62-773-31554, +62-773-31554.
x

Check Also

Dubes AS Himbau Natuna Fokus Lestarikan Lingkungan untuk Dukung Pengembangan Potensi Pariwisata

Duta Besar Amerika Serikat untuk Indonesia, Joseph R Donovan Jr dalam rangkaian ...