web site hit counter
Home / Natuna News / Semua Orang Bisa Menjadi Duta Covid-19

Semua Orang Bisa Menjadi Duta Covid-19

Tgl Rilis: Saturday, 21 March 2020 | 13:26

(wartaKominfo) – Dengan peningkatan jumlah kasus Covid -19 yang dilaporkan semakin meningkat di Indonesia, berbagai upaya masih bisa dilakukan untuk menghindari diri dari virus corona. Hal tersebut disampaikan oleh Komandan Satgas Kesehatan dari Pengkogabwilhan 1, Letkol Marinir, Muhammad Arifin yang sempat hadir pada dialog Kopi Pagi, (20/03). Ia mengatakan, semua orang bisa menjadi duta covid-19, dengan cara menerapkan social distancing, mensosialisasikan kepada semua orang untuk melakukan hal tersebut.

Ia juga menekankan, bahwa semua orang harus menjadi pelopor untuk melakukan pencegahan penyebaran virus tersebut menurutnya, menjaga orang banyak, mulai dari menjaga diri sendiri. “Semua orang duta covid-19. Mulai dari diri sendiri, keluarga, dan masyarakat. Sampaikan informasi yang jelas terkait bagaimana penyebarannya, upaya pencegahannya. Untuk waspada lebih baik dirumah aja” imbuh nya.

“Khususnya Kominfo, Kominfo adalah salah satu corong media. Sampaikan lah kepada masayarakat ya, stop dulu kumpul-kumpul untuk sementara waktu. Sampaikan informasi-informasi yang jelas, supaya masyarakat tidak bingung” pesan nya kepada Tim dari Kominfo.

Menurutnya, cara mencegah penularan virus corona yakni dengan menerapkan hidup sehat dan menjaga kebersihan. Diantaranya adalah :

  1. Cuci tangan sesering mungkin
  2. Terapkan social distancing
  3. Hindari menyentuh mata, hidung dan mulut.
  4. Lakukan aturan bersin dan batuk yang benar, atau yang disebut dengan etika.
  5. Jika mengalami demam, batuk, dan kesulitan bernapas, segeralah berobat.

Meskipun penyakit tersebut tergolong self limiting disease, atau bisa sembuh sendiri. Masyarakat dihimbau untuk tidak panik, namun tetap waspada, dengan mengikuti prinsip-prisnsip yang dianjurkan. “Sebenrnya prinsip penyakit ini adalah self limiting disease yang artinya adalah dia akan bisa sembuh sendiri seperti flu. Artinya selama daya tahan tubuh kita kuat makan cukup, istirahat cukup, olahraga cukup, dan vitamin cukup, tubuh kita akan melawan sendiri. Namun, tetaplah waspada” jelas nya.

Pada kesempatan tersebut ia beberapa kali menekankan untuk meminimalisir kontak, dan menghimbau untuk segera melakukan social distancing atau jaga jarak. Seperti menerapkan home schooling, work from home dan lainnya.

(Diskominfo/Fera)

Official Site Manager Natuna Regency Website
Jl. Batu Sisir - Bukit Arai, Gedung B Lantai II - P. Senoa, Ranai - Natuna 29783, Indonesia.
Email: natuna@natunakab.go.id, Telp: +62-773-31554, +62-773-31554.
x

Check Also

Khawatir Akan Kelengkapan Medis Yang Belum Maksimal, Bupati Natuna Turun Langsung, Minta Bantuan Dari Tim Gugus Provinsi

Kritisnews.com,Natuna– Menggunakan Kapal cepat MV Indra Perkasa 159, Bupati Natuna Drs.H.Abdul Hamid ...