Home / Natuna News / Peringati Hari Lingkungan Hidup, Bupati Natuna Ajak Masyarakat Manfaatkan Sampah Plastik

Peringati Hari Lingkungan Hidup, Bupati Natuna Ajak Masyarakat Manfaatkan Sampah Plastik

(wartaKominfo) – Senin, (05/06/23), Bupati Natuna, Wan Siswandi berkesempatan memberikan arahan dalam rangka memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia dengan tema “Solusi Mengatasi Polusi Plastik di Dunia” . Kegiatan tersebut dihadiri kepala OPD di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Natuna dan dilaksanakan di Ruang Rapat Kantor Bupati Natuna.

Pada kesempatan tersebut Bupati Natuna, Wan Siswandi mengingatkan dan mengajak kepada seluruh ASN dan masyarakat untuk lebih peduli dan memperhatikan kebersihan lingkungan sekitar, karena hal tersebut sangat penting.

Sebelumnya Wakil Bupati Natuna, Rodhial Huda bersama Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Natuna juga telah melaksanakan kegiatan gotong royong di Pulau Senua.

“Dalam kegiatan tersebut, ada 13 karung sampah plastik yang didapat. Bisa kita lohat begitu banyak sampah di Pulau Senua, tentu hal ini samgat mencemari lingkungan” kata Bupati.

Menurutnya, Salah satu upaya untuk mengurangi sampah plastik adalah dengan memakai produk daur ulang dari plastik, hal tersebut juga tentunya dapat menambah pendapatan apabila dikelola dengan baik.

“Salah satu upaya untuk mengurangi sampah plastik seperti dilakukan beberapa mall di tanah air yaitu menyediakan tas yang ahrus kita beli untuk membawa belanjaan kita, bukan lagi menggunakan plastik. Plastik bisa didaur ulang menjadi hal yang kembali bermanfaat, ini juga bisa menambah pendapatan kita apabila dikelola dengan baik” tutur nya.

“Saya sebagai Bupati dan Wakil Bupati  beserta jajaran yang ada, berupaya dan sangat mendukung bagaimana limbah sampah plastik dapat dibersihkan san didaur ulang agar tidak mencemari lingkungan kita” tambah nya.

“Ini Moment yang tepat untuk kita aktifkan kembali gotong royong, dimulaindari lingkungan yang kecil, lingkungan rumah kita, kota kita, jangan sampai terlihat kumuh” Kata Bupati mengakhiri.

Acara dilanjutkan dengan penandatangan SK Bupati Natuna tentang Penetapan Logo Natuna Berkemas oleh Bupati Natuna.

Natuna Berkemas merupakan kepanjangan dari “bergerak bersama masyarakat” yang merupakan gerakan bersama dalam pengelolaan sampah baik pengurangan maupun penanganan. Natuna berkemas bertujuan menjadikan sampah sebagai sumber daya.

(Diskominfo/Fera)

x

Check Also

Wakil Bupati Natuna Jemput Langsung 8 Nelayan Natuna di KJRI Kuching

(wartaKominfo) – Usai diamankan Agensi Penguatkuasaan Maritim Malaysia (APMM) pada 19 April ...