web site hit counter
Home / Natuna News / Sosialisasi Kekayaan Intelektual, Maksimalkan Peran Koperasi dan UMKM dalam meningkatkan Pertumbuhan Ekonomi.

Sosialisasi Kekayaan Intelektual, Maksimalkan Peran Koperasi dan UMKM dalam meningkatkan Pertumbuhan Ekonomi.

Tgl Rilis: Thursday, 8 April 2021 | 15:32

(wartaKominfo) – Kekayaan intelektual (KI) adalah hak yang didapat dari sebuah hasil pemikiran, gagasan, atau ide manusia yang kemudian menghasilkan sebuah produk, jasa ataupun proses yang bermanfaat bagi masyarakat. Hak kekayaan intelektual atau dikenal dengan HAKI adalah bentuk orisinalitas sebuah produk/atau karya, sekaligus penghargaan kepada orang orang yang bekerja keras melakukan inovasi kebaharuan dan memiliki dampak bagi masyarakat sekitar.

Kamis, 8 April 2021, Dalam Acara Sosialisasi Kekayaan Intelektual yang dilaksanakan oleh kemenkumham. Direktur Merk dan indikasi geografis, Nofli menyampaikan “bentuk dari perlindungan akan kekayaan intelektual dengan dibentuknya Sentra KI. Ini berfungsi untuk melindungi konsumen serta hak kekayaan intelektual produsen itu sendiri. Kita juga menyederhanakan birokrasi yang terkadang terkesan berbelit belit dan mempersulit pengurusan Hak paten. Kami berharap pemerintah terus melakukan sosialisasi secara berkelanjutan untuk memperkuat pranan KI pemerintah daerah dalam meningkatkan pendaftaran KI di masing masing daerah”.

Muhamad Amir Batau, mewakili Dirut merk dan indikasi geografis yang hadir sebagai narasumber menyampaikan “Sentra KI dibagi dalam 2 kategori Pertama adalah deklaratif, proses ini melalui pengumuman dan publikasi seperti hak cipta dan hak terkait. Kedua Konstitutif, proses ini melalui pengajuan pendaftaran seperti Hak Paten, Merk, design industri, DTLST. Jadi pada Sentra KI, Pelaku usaha akan memberikan Hak Eksklusif dalam jangka waktu 10 Tahun. Jika sudah sampai pada jangka waktu tertentu maka harus kembali melakukan perpanjangan kembali untuk 10 tahun berikutnya”.

Selanjutnya, Metty yang merupakan Kepala Bidang Kementerian Koperasi dan UMKM yang juga mengisi materi sebagai narasumber menjelaskan “Kementerian Koperasi dan UMKM dibawah kepemimpinan Presiden Jokowi memiliki visi meningkat pelayanan koperasi serta UMKM naik kelas. Dalam kegiatan ini kita berharap ada isu isu nasional dapat kita selesaikan, seperti Rasio kewirausahaan masih diangka 3,47 %, Rasio Kewirausahaan lebih rendah dibandingkan negara negara Asean. Untuk mendukung koperasi dan UMKM kementerian Koperasi dan UMKM mencanangkan beberapa program untuk kembali menstimulus Pertumbuhan di UMKM di masing masing daerah”.

Diakhir acara Direktur Merk dan Indikasi geografis bersama Dinas Perdagangan industri merencanakan akan melaksanakan Pendaftaran merk atau usaha secara kolektif guna mempermudah UMKM untuk mendapatkan Sentra KI, serta UMKM akan mendapatkan Treatment khusus juga harga yang jauh lebih murah dari pada harga normal. Langkah ini diharapkan dapat menjadi langkah awal untuk mendukung pertumbuhan ekonomi yang lebih baik.

(Diskominfo/Patli)

Official Site Manager Natuna Regency Website
Jl. Batu Sisir - Bukit Arai, Gedung B Lantai II - P. Senoa, Ranai - Natuna 29783, Indonesia.
Email: natuna@natunakab.go.id, Telp: +62-773-31554, +62-773-31554.
x

Check Also

Ikut Arahan Pusat, Pemda Natuna juga Larang Mudik.

(wartaKominfo) – Berdasarkan konferensi pers terkait larangan mudik oleh Menteri Perhubungan, pada ...