web site hit counter
  SELAMAT DATANG DI WEBSITE RESMI PEMERINTAH KABUPATEN NATUNA  
Home / Natuna News / Vidcon Penyerahan LPH BPK Perwakilan Kepri terkait SPBE Kabupaten Natuna

Vidcon Penyerahan LPH BPK Perwakilan Kepri terkait SPBE Kabupaten Natuna

Tgl Rilis: Monday, 14 December 2020 | 19:24

(wartaKominfo) – Badan Pemeriksaan Keuangan (BPK) Perwakilan Provinsi Kepulauan Riau menggelar acara Penyerahan Laporan Hasil Pemeriksaan BPK atas kinerja efektivitas Pengelolaan Sitem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) dalam penyelenggaraan administrasi pemerintahan tahun 2019 s.d. 2020 kepada
Pemkab Natuna, Pemkab Bintan dan Instansi Terkait lainnya. Senin, (14/12).

Menurut Ketua Perwakilan BPK, Masmudi sehubungan dengan pendemi covid-19 , dalam upaya pencegahan penyebaran covid-19 maka penyerahan LHP tersebut dilakukan secara virtual atau online melalui video converence. Dalam kesempatan tersebut ia juga mengapresiasi kinerja dari Pemkab Natuna dan Pemkab Bintan.

“Kami atas nama pimpinan BPK yang berkesempatan menyampaikan LPH mengapresiasi dan berterimakasih kepada ketua DPRD dan Bupati Kabupaten Natuna atau yang mewakili, Ketua DPRD Bintan dan Bupati Bintan atau yang mewakili serta jajarannya atas kerjasamanya sehingga secara bersama-sama kita selalu berusaha dan berkomitmen dalam mendukung penyelenggaran pengelolaan keuangan daerah yg transparan dan akuntabel” tutur Masmudi.

Dalam kesempatan tersebut dijelaskan olehnya, bahwa pemeriksaan kinerja ini bertujuan untuk menilai efektivitas pengelolaan SPBE dalam pengelolaan penyelenggaraan administrasi pemerintahan dari tahun 2019 s.d. tahun 2020 semester I.

Dari hasil identifikasi pengembangan secara nasional, ditemukan beberapa permasalahan antara lain :
-belum adanya tata kelola SPBE terpadu secara nasional
-SPBE belum diterapkan dalam penyelenggaraan administrasi pemerintahan dan pelayanan publik secara menyeluruh dan optimal.
-Jangkauan infrastruktur ke semua wilayah yang masih belum maksimal, dan
-Adanya keterbatasan jumlah ASN yang kompeten dengan TIK.

Hadir pada vidcon tersebut , Wakil Bupati Natuna, Ngesti Yuni Suprapti mewakili Bupati Natuna. Ia menyampaikan bahwa Pemkab Natuna telah berupaya mengoptimalkan SPBE di lingkungan kerja Pemkab Natuna.

“Maka dari itu pemerintah daerah kabupaten Natuna sudah berusaha melakukan beberapa langkah strategis untuk merealisasikan SPBE dengan membangun aplikasi yang terintegrasi dengan semua layanan akan tetapi sistem elektronik yang kami miliki masih belum optimal karena banyaknya perubahan terhadap sistem tata kelola pemerintah sehingga harus disesuaikan kembali” ujar nya.

Sehubungan dengan evaluasi efektivitas kinerja SPBE, Ngesti juga mengatakan bahwa Pemerintah Daerah Kabupaten Natuna juga menerima kritik, saran, serta rekomendasi dari berbagai pihak agar penyelangaraan SPBE di Natuna menjadi lebih baik.

(Diskominfo/Fera)

Gedung B Lantai II P. Senoa, Jl. Batu Sisir, Bukit Arai, Kab. Natuna 29783, Indonesia.
Email: mail@natunakab.go.id, Telp: 0812 7013 6792
x

Check Also

Gubernur Gerak Cepat, Langsung Evaluasi Penerapan PPKM Darurat – Banyak Laporan Tentang Keresahan Masyarakat

Tanjungpinang – Juru Bicara Tim Satgas Penanganan COVID-19 Tjetjep Yudiana mengatakan saat ...