Home / Natuna News / Tangkal Bahaya Penyakit Campak dan Rubella, 23.780 Anak Akan Menjadi Sasaran Imunisasi Pada Tahun 2018 di Kabupaten Natuna

Tangkal Bahaya Penyakit Campak dan Rubella, 23.780 Anak Akan Menjadi Sasaran Imunisasi Pada Tahun 2018 di Kabupaten Natuna

(WartaKominfo) – Berdasarkan UU Nomor 32 Tahun 2009 tentang Kesehatan. Imunisasi merupakan salah satu bentuk upaya untuk mencegah terjadinya penyakit menular yang merupakan salah satu kegiatan prioritas Kementerian Kesehatan dan juga sebagai bentuk nyata komitmen pemerintah untuk mencegah penyakit menular tesebut.

Dalam menjalankan amanah Undang-undang, serta upaya untuk mencegah penularan penyakit  Campak dan Rubella, Pemerintah Kabupaten Natuna  melaksanakan kegiatan  Advokasi, Sosialisasi, Koordinasi Kampanye dan Introduksi MR Tingkat Kabupaten Natuna Tahun 2018, di Hotel Natuna, Selasa (03/07).

Pada tahun 2018, di Kabupaten Natuna ada 23.780 anak yang menjadi sasaran imunisasi yang akan dilaksanakan oleh pemerintah Kabupaten Natuna dengan pelaksanaannya meliputi Posyandu, Paud,Taman Kanak-kanak, Sekolah Dasar sederajat, Sekolah Menengah Pertama sederajat, Puskesmas dan Rumah Sakit. Imunisasi akan dilaksanakan pada bulan Agustus dan September 2018.

Hal itu di ungkap Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Natuna Rizal Renaldi dalam acara Advokasi, Sosialisasi, Koordinasi Kampanye dan Introduksi MR Tingkat Kabupaten Natuna Tahun 2018.

“Rencana waktu pelaksanaan kegiatan imunisasi di Kabupaten Natuna akan dilaksanakan pada bulan Agustus dengan sasaran untuk anak-anak Pra Sekolah. Pada bulan September sasarannya anak-anak Sekolah Dasar sederajat dan Sekolah Menengah Pertama sederajat”, Ujar Renaldi dalam sambutan panitia pelaksana.

“Sedangkan untuk petugas yang akan turun dalam pelaksanaan kegiatan itu sebanyak 373 orang yang terdiri dari Dokter, Perawat dan Bidan, mulai dari Rumah Sakit sampai ke 14 Puskesmas se- Kabupaten Natuna”, lanjut Renaldi.

Rizal Renaldi juga menyampaikan bahwa Pemerintah Kabupaten Natuna berkomitmen terhadap pelaksanaan kegiatan Kampanye dan Introduksi Measles dan Rubella secara nasional pada tahun 2018 ini yang akan dilaksanakan di seluruh provinsi luar  Jawa.

Penyakit Campak dan Rubella adalah jenis penyakit menular yang penularannya melalui saluran pernafasan yang disebabkan oleh virus. Penularan penyakit Campak dan Rubella dapat terjadi pada anak-anak bahkan orang dewasa yang belum mendapatkan Imunisasi.

Orang yang belum pernah mendapatkan Imunisasi Campak dan Rubella adalah orang yang beresiko tinggi akan tertular penyakit tersebut yang akan menyebabkan komplikasi yang serius, seperti Radang Paru, Radang Otak, Pembengkakan, Gizi Buruk dan bahkan dapat menyebabkan kematian.

Sedangkan Rubella sendiri merupakan jenis penyakit ringan pada anak, akan tetapi bila tertular pada ibu hamil akan mengakibatkan keguguran atau kecacatan terhadap janin yang dikandung. Sampai saat ini belum ada obat terhadap penyakit Campak dan Rubella, namun penyakit ini dapat dicegah dengan pemberian vaksin dalam imunisasi.

(Diskominfo/Mardi)

Official Site Manager Natuna Regency Website
Jl. Batu Sisir - Bukit Arai, Gedung B Lantai II - P. Senoa, Ranai - Natuna 29783, Indonesia.
Email: natuna@natunakab.go.id, Telp: +62-773-31554, +62-773-31554.
x

Check Also

Apel Gelar Pasukan Kesiapan Pengamanan Pemilu Tahun 2019

Bupati Natuna, Drs. H. Abdul Hamid Rizal,M.Si menghadiri acara Apel Gelar Pasukan ...