web site hit counter
Home / Natuna News / Terkait Pencegahan Stunting, Dinkes PPKB Paparkan Contoh Daftar Kegiatan Berdasarkan Standar Intervensi Gizi

Terkait Pencegahan Stunting, Dinkes PPKB Paparkan Contoh Daftar Kegiatan Berdasarkan Standar Intervensi Gizi

(WartaKominfo) – Stunting merupakan gangguan pertumbuhan kronis pada anak akibat kekurangan asupan nutrisi atau malnutrisi yang terjadi dalam waktu yang cukup lama. Stunting juga diartikan sebuah masalah kesehatan seorang bayi atau anak dalam pertumbuhan tubuhnya sehingga gagal memiliki tinggi badan yang ideal pada usianya.

Penyebab terjadinya Stunting ini adalah asupan makanan yang dikonsumsi tidak memenuhi kebutuhan nutrisi penting sesuai usia anak,  seperti kebutuhan lemak, karbohidrat, dan protein. Sedangkan faktor penyebab lainnya juga dipengaruhi oleh ketidakseimbangan hormon yang dipicu stress, serta riwayat kesehatan anak yang sering terserang infeksi diusia dini.

Kabupaten Natuna merupakan salah satu wilayah yang menjadi sasaran dalam upaya pencegahan Stunting. Di Provinsi Kepulauan Riau, pada tahun 2013 Natuna memiliki 26,4% Anak-anak yang mengalami Stunting. Untuk mengurangi angka persentase anak yang mengalami Stunting harus dilakukan pencegahan sejak dini.

Dinkes PPKB memaparkan beberapa contoh daftar kegiatan berdasarkan standar intervensi gizi sebagai acuan pengisian lembar pemetaan program terkait pencegahan stunting.

Beberapa program yang dimaksud adalah program pembinaan kesehatan masyarakat, program pencegahan dan pengendalian penyakit, program penelitian dan pengembangan kesehatan, program bina gizi dan kesehatan ibu dan anak, program perbaikan gizi masyarakat, program peningkatan keselamatan ibu melahirkan dan anak, dan beberapa program lainnya.

Kabid Kesehatan Masyarakat, Syarifah Maryam berharap, beberapa contoh program tersebut dapat dijadikan acuan untuk setiap OPD terkait dalam membuat rancangan kegiatan yang mendukung upaya pencegahan stunting.

“Ini adalah beberapa daftar contoh program dan kegiatan yang dapat dilaksanakan oleh OPD terkait sesuai fungsinya dalam upaya pencegahan stunting.”, kata Syarifah saat Rakor Stunting di BP3D (21/12).

Syarifah juga mengatakan, pihaknya tengah menyusun draf rencana kegiatan dan menghimbau seluruh perwakilan OPD yang hadir pada saat itu untuk mempersiapkan daftar kegiatanya untuk dibawa pada rapat selanjutnya yang diperkirakan akan dilaksanakan ada Januari 2019.

“Kesepakatannya akan kita rampungkan rencana kegiatannya Januari nanti, tetapi harus sudah final di OPD masing-masing.” , pungkasnya. (Diskominfo/Fera/Syrn)

Official Site Manager Natuna Regency Website
Jl. Batu Sisir - Bukit Arai, Gedung B Lantai II - P. Senoa, Ranai - Natuna 29783, Indonesia.
Email: natuna@natunakab.go.id, Telp: +62-773-31554, +62-773-31554.
x

Check Also

Pemkab Natuna Gelar Peringatan Harhubnas Tahun 2019

Pemerintah Kabupaten Natuna menggelar Upacara Peringatan Hari Perhubungan Nasional (Harhubnas) Tahun 2019, ...