web site hit counter
Home / Natuna News / Wabup Harap Dukungan semua pihak Untuk Tingkatkan Sektor Pariwisata

Wabup Harap Dukungan semua pihak Untuk Tingkatkan Sektor Pariwisata

Tgl Rilis: Jumat, 11 Oktober 2019 | 02:55

Belum genap 1 Tahun Geopark disandang oleh Geopark Natuna meraih Status Geopark Nasional bukan berarti puncak keberhasilan kita memperjuangkan Geopark, akan tetapi ini baru langkah awal untuk mengelola dan mengembangkannya Walaupun telah ditetapkannya Status Natuna sebagai salah satu dari Taman Geopark Nasional bersama 15 daerah lainnya pada tahun 2018 lalu, masih banyak pekerjaan yang harus dibenahi.

Terdapat beberapa rekomendasi penilaian Geopark Nasional yang disampaikan oleh Tim Percepatan Pengembangan Geopark Kementerian Pariwisata pada 23 Oktober 2018 yang lalu, diantaranya perlu Penetapan Sub Nama Masing-masing Klaster Geologis, Penguatan Kelembagaan, Peningkatan Program Edukasi dan Riset, Pengembangan Jalur Geowisata sesuai sebaran Klaster Geologis dan Menyusun Rencana Induk Pengembangan yang menjadi arah kebijakan yang strategis serta Penguatan Jejaring dan Kemitraan dengan Geopark Nasional dan Global. Hal tersebut dijelaskan Wakil Bupati Natuna, Ngesti Yuni Suprapti ketika menghadiri acara Persentasi Hasil Akhir Geopark Natuna, yang dilaksanakan di Aula Natuna Hotel Ranai Darat, Senin (07/10) Siang, dihadiri oleh pimpinan beserta beberapa staf Organisasi Perangkat Daerah terkait.

Ngesti juga menjelaskan bahwa tahun ini Geopark Natuna mendapat bantuan CSR dari SKK Migas dalam bentuk beberapa kegiatan, diantaranya Pembuatan Rambu Penunjuk Arah ke Geosite, Papan Plank Selamat Datang di 4 lokasi Geosite, cetak Brosur Geopark serta bantuan CSR Bank Riau lebih kurang 1,5 Milyar, yang sudah boleh diajukan untuk Pengembangan Geopark Natuna.

Selanjutnya, Dosen Universitas Padjadjaran Bandung Pusat Penelitian Geopark dan Perencanaan Geologi, Mega Fatimah Rosana menyampaikan bahwa tujuan kegiatan survey ini adalah untuk memberikan Informasi tentang aspek geologi sekaligus data pendukung bagi kebijakan konservasi di lokasi wisata yang berada di wilayah Kabupaten Natuna.

Tersedianya data informasi geologis pada lokasi-lokasi Geowisata dan juga sebagai bahan atau data dalam menunjang pelestarian suatu lokasi untuk Konservasi Kawasan Cagar Alam Geologi (KGAG) serta untuk mendukung status Geopark di Kabupaten Natuna yang lebih konservatif. (Humas-Pro / Diana &Sri/Rizal)

RILIS PERS, Nomor : 988 /IP/HUMAS-PROTOKOL/2019

Official Site Manager Natuna Regency Website
Jl. Batu Sisir - Bukit Arai, Gedung B Lantai II - P. Senoa, Ranai - Natuna 29783, Indonesia.
Email: natuna@natunakab.go.id, Telp: +62-773-31554, +62-773-31554.
x

Check Also

Gejolak Dibalik Munculnya Nama Pantai Piwang

(WartaKominfo) – Munculnya sebuah nama baru “Pantai Piwang” yang mengantikan nama Pantai ...