Home / Natuna News / Wakil Bupati Natuna Memberikan Kuliah Umum di PPN Surabaya

Wakil Bupati Natuna Memberikan Kuliah Umum di PPN Surabaya

(wartaKominfo) – Kamis 11 Agustus 2022 Wakil Bupati Natuna Rodhial Huda memberikan kuliah umum bertempat di Graha Dewaruci Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya dengan tema ‘Idealisme Kepemimpinan Untuk Mewujudkan Indonesia Menjadi Poros Maritim Dunia’.

Dalam kuliah umum yang diadakan secara hybrid melalui channel youtube PPNS Surabaya ini dihadiri oleh civitas akademika Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya beserta mahasiswa.

Dalam paparannya orang nomor dua di Natuna menyampaikan pentingnya bagi Kabupaten Natuna dalam menyiapkan sumber daya manusia unggul disektor maritim mengingat Kabupaten Natuna merupakan wilayah laut dan sesuai arahan Presiden RI untuk 5 pilar percepatan pembangunan Natuna yakni kelautan, pariwisata, migas, lingkungan hidup dan pertahanan keamanan.

Dan untuk itulah Pemkab Natuna melakukan kerjasama dengan Kampus PPNS untuk mengirimkan putra-putri Natuna terpilih studi program pendidikan vokasi (D-4) di kampus tersebut.

“Saya berharap PPNS ini akan melahirkan orang-orang yang akan memanfaatkan potensi-potensi negeri kita yang banyak tidak hanya di Natuna untuk menjadi sumber kesejahteraan bangsa Indonesia”. Ungkap Rodhial.

Selanjutnya Rodhial juga menjelaskan geostrategis Natuna dimana terdapat lima point penting diantaranya:
1. letak strategis Natuna yang dikelilingi 9 negara yakni: Cina, Taiwan, Vietnam, Kamboja, Thailand, Singapura, Brunei Darussalam dan Filipina.
2. Potensi migas yang sangat besar dengan kandungan cadangan minyak yakni 11 miliar barel dan 190 triliun kaki kubik kandungan cadangan gas alam
3. Jalur perdagangan dengan nilai perdagangan yang melewati laut Natuna sekitar USD 5 triliun per tahun
4. Sumber daya perikanan laut Natuna memiliki 10% dari kontribusi kebutuhan ikan global
5. Potensi wisata Natuna memiliki keindahan alam, keunikan bebatuan, dan telah ditetapkan menjadi geopark nasional.

Diakhir kuliah umum ini diadakan penandatanganan kerjasama antara Pemerintah Kabupaten Natuna dengan Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya.

Diskominfo/Dani

x

Check Also

Temu Tokoh Lintas Agama Menuju Natuna Rukun, Damai dan Berkemajuan

(wartaKominfo) – Wakil Bupati Natuna, Rodhial Huda membuka acara Dialog Temu Tokoh ...