Home / Natuna News / Wakil Bupati Tekankan “Perubahan Cepat untuk Menyelesaikan Ketertinggalan” pada Rapat Koordinasi SPBE

Wakil Bupati Tekankan “Perubahan Cepat untuk Menyelesaikan Ketertinggalan” pada Rapat Koordinasi SPBE

(wartaKominfo) – Pemerintah Kabupaten Natuna melalui Dinas Komunikasi dan Informatika Natuna menggelar Rapat Koordinasi Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) dengan Organisasi Perangkat Daerah terkait. Jumat, 23 Juni 2023.

Plh. Sekda dalam sambutannya mengungkapkan dengan sistem pemerintahan berbasis elektronik di Natuna dengan nilai penerapan 2,24 dengan skala 5 bisa kita tingkatkan untuk kedepannya. Diharapkan untuk pelayanan publik beberapa dinas sudah mengaplikasikan sistem ini. Penerapan yang lainnya sampai ke e.planing, e.budgetin dan e.voting.

Pada kesempatan ini Inspektur Inspektorat Natuna juga menyampaikan hasil audit eksternal dalam hal ini BPK dengan beberapa catatan. Kedepannya pengelolaan keuangan desa juga sudah mulai, termasuk BUMD melalui SPBE ini.

Muhammad Amin juga mengungkapkan salah satu indikatornya sistem pemerintahan berbasis elektronik dimana terjadi efisiensi.

Wakil Bupati pada kesempatan ini nenyampaikan dan berpesan kepada OPD yang hadir setiap Pemda harus memiliki aplikasi terpadu yang dikelola diskominfo. Ini merupakan pesan kunci pada pertemuan dengan Menpan RB sebelumnya.

“Perubahan yang cepat untuk menyelesaikan berbagai ketertinggalan kita. Inilah output SPBE yang kita harapkan,” terang Rodhial.

Plt. Kadis Kominfo, Ahmad Sofian juga turut menjelaskan ada tiga hal dasar pelaksanaan SPBE ini dimulai dari komitmen, pelaksanaanan kemudian Teknologi Informasi dan Komunikasi sudah berjalan baik atau belum.

“Manfaat yg ingin kita ambil dari sistem digital ini adalah paperless dan tidak memakan banyak ruang lagi untuk penyimpanan,” ungkap Ahmad.

Kemudian dijelaskan 47 indikator yang menjadi parameter penilaian indeks SPBE.

Diskominfo/Dani

x

Check Also

Kolaborasi OPD Pada Kunjungan Kerja Wakil Bupati Natuna Di Kecamatan Midai Dan Suak Midai

(wartaKominfo) – Dalam Kunjungan kerja di Kecamatan Midai dan Suak Midai yang ...