Home / Natuna News / Rapat Koordinasi Peningkatan Kualitas SP4N-LAPOR

Rapat Koordinasi Peningkatan Kualitas SP4N-LAPOR

(wartaKominfo) – Pemerintah Kabupaten Natuna melalu Dinas Komunikasi dan Informatika terus meningkatkan pelayanan publik yang berkualitas melalui Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional (SP4N) – Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat (LAPOR!)

Rapat koordinasi yang dihadiri Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Natuna, Ikhwan Solihin berlangsung di Hotel Swiss Bell, Batam, Kamis, 16 Nopember 2023.

Kegiatan dibuka oleh Asisten Deputi Transportasi Digital Pelayanan Publik Kemen PAN-RB, Ponco Imam Prayitno, dalam sambutannya ia menyampaikan reformasi birokrasi adalah proses simultan, cair, adaptif dan tidak pernah berhenti, bukan hanya menyangkut pembenahan hal yang kurang tepat tetapi terkait pemenuhan kebutuhan masyarakat yang terus berkembang.

“Salah satu potensi membentuk sistem pemerintah lebih partisipatif dan kolaboratif salah satu bentuk inovasi dalam pelayanan publik, salah satu sektor adalah sektor pengaduan,”  jelas Ponco dalam sambutannya.

Selain para Sekda Provinsi, Kabupaten/Kota hadir juga Kadis Kominfo Provinsi dan Kadis Kominfo Kabupaten Kota Se Indonesia serta Pejabat Penanggungjawab Pengelolaan Pengaduan Pemerintahan Daerah.

Saat ini masyarakat sudah dilibatkan dari mulai perencanaan pelayanan, evaluasi serta penghargaan dan penilaian terhadap pelayanan publik pada instansi pemerintah.

Kemenpan RB bersama dengan Kantor Staf Presiden dan Ombusman telah menetapkan SP4N-LAPOR satu-satunya aplikasi lapor dan terintegrasi di semua daerah.

Penetapan ini dipercaya akan memiliki dampak efisiensi anggaran serta memberikan manfaat bagi instansi pusat maupun daerah karena tidak perlu lagi mengembangkan aplikasi yang sama.

Namun demikian peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia pengelola aplikasi juga harus terus ditingkatkan dengan harapan apa yang menjadi laporan dari masyarakat dapat ditanggapi dan tersampaikan kepada para pemangku kebijakan.

Dalam kesempatan ini Plt. Kadis Kominfo Kabupaten Natuna, Ikhwan Solihin menyampaikan sampai sejauh ini sudah ada 19 laporan yang disampaikan masyarakat melalui aplikasi tersebut dan status seluruhnya sudah selesai.

“Diantara laporan yang masuk melalui SP4N-LAPOR Pemkab Natuna, adalah keluhan masyarakat terkait pelayanan di bidang kesehatan, pendidikan, infrastruktur sampai kepada kuota BBM,” terang Ikhwan.

Ikhwan Solihin berharap peran serta masyarakat dalam memberikan laporan, tidak hanya memberikan kepuasan kepada masyarakat namun yang lebih penting adalah peningkatan pelayanan publik yang berkualitas.

Narasumber dalam kegiatan tersebut adalah, Kepala Perwakilan Ombusman Provinsi Kepri, Lagat Parroha Patar Siadari, Kepala Bidang Fasilitas Pengaduan dan Pengelolaan Informasi Kemendagri, Rega Tadeak Hakim, Analis Kebijakan Muda Kemenpan RB, Rosiki, Kadis Kominfo Kota Batam, Rudi Panjaitan, Subkoordinator Pengelolaan Opini Publik Diskominfo Kepri, Vetrosia Indria Putra.

Kehadiran Kadis Kominfo Kabupaten Natuna dalam kegiatan tersebut didampingi oleh Kabid PIKP, Kevin Kahar dan Tim Pengelola Pengaduan SP4N-LAPOR Kabupaten Natuna.

Diskominfo/Dani

x

Check Also

Pemda Natuna Gelar Rakor Penanggulangan Kejahatan Seksual Terhadap Anak di Kabupaten Natuna

(wartaKominfo) – Pemerintah Daerah Kabupaten Natuna menggelar Rapat koordinasi bersama beberapa OPD, ...