Home / Natuna News / Wakil Bupati : Turunkan Resiko Stunting Dengan Perubahan Perilaku Dan Edukasi Pengelolaan Makanan Kreatif yang Bergizi

Wakil Bupati : Turunkan Resiko Stunting Dengan Perubahan Perilaku Dan Edukasi Pengelolaan Makanan Kreatif yang Bergizi

(wartaKominfo) – Rabu, 02 Agustus 2023, Wakil Bupati Natuna didampingi Sekda Natuna memimpin langsung Rapat Koordinasi Tim Percepatan Stunting Kabupaten Natuna, di ruang kerja Wakil Bupati Natuna.

Pada rapat tersebut secara khusus membahas strategi tim percepatan penurunan stunting dalam menekan angka stunting di Kabupaten Natuna. Wakil Bupati Natuna menyampaikan bagaimana pemerintah daerah meningkatkan peran orang tua asuh dan meningkatkan kunjungan posyandu serta tim pendamping keluarga.

“Secara teknis, masalah stunting adalah masalah lintas sektoral. Sehingga instasi terkait dapat memaksimalkan perannya dalam menekan angka stunting. Dari pemerintah sendiri kita terus mendorong program orang tua asuh, dan meningkatkan kunjungan posyandu bagi masyarakat” Jelas Rodhial Huda.

Rodhial Huda menambahkan bahwa dalam penekanan angka stunting harus dimulai dengan pemusatan satu data. Dimana data ini dapat tersaji secara visual dan rinci sehingga dapat mudah dipahami.

“Kita juga perlu melakukan sosialisai terkait pengolahan makanan kreatif yang bergizi. Mengingat wilayah kita kaya akan hasil laut, sehingga begitu banyak hasil laut yang dapat dikelola secara kreatif sehingga dapat menghasilkan makanan yang tidak hanya enak, tapi juga memiliki yang tinggi” Tambah Rodhial Huda.

Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dalam lapornya menyampaikan bahwa penggunaan dapur sehat memiliki dampak yang cukup signifikan dalam penurunan angka stunting. Sehingga pengelolaan dapur sehat harus dimaksimalkan di desa desa.

Kepala Dinas Kesehatan dalam laporanya menyampaikan bahwa resiko stunting juga linear dengan rendahnya pemberian ASI eksklusif langsung hanya sebesar 37 %, sehingga memiliki pengaruh terhadap tumbuh kembang anak. Dinas Kesehatan juga mendorong workshop perubahan prilaku dengan tiga langkah yang paling mendasar yaitu : Dia Tahu, Dia Mau, dan Dia Mampu.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika dalam laporanya menyampaikan bahwa Dinas Komunikasi dan Informatika terus berkomitmen melakukan edukasi melalui konten audio visual. Diskominfo juga sedang merancang aplikasi satu data yang secara keseluruhan mencangkup seluruh informasi Kabupaten Natuna.

Dinas PUPR dalam laporanya menyampaikan dalam percepatan prioritas pencegahan stunting ada 14 daerah yang menjadi fokus PUPR dalam pembangunan WC Komunal dan Air Bersih.

Diskominfo/Patli

x

Check Also

Pemda Natuna Gelar Rakor Penanggulangan Kejahatan Seksual Terhadap Anak di Kabupaten Natuna

(wartaKominfo) – Pemerintah Daerah Kabupaten Natuna menggelar Rapat koordinasi bersama beberapa OPD, ...