Home / Natuna News / 5 Sekolah Berpredikat Adiwiyata Natuna Raih Penghargaan

5 Sekolah Berpredikat Adiwiyata Natuna Raih Penghargaan

(WartaKominfo) – Program Adiwiyata adalah salah satu program Kementrian Negara Lingkungan Hidup dalam rangka mendorong terciptanya pengetahuan dan keasadaran warga sekolah dalam upaya pelestarian lingkungan hidup. Dalam program ini diharapkan setiap warga sekolah ikut terlibat dalam kegiatan sekolah menuju lingkungan yang sehat dan menghidarkan dampak lingkungan yang negatif.

Dalam implementasinya di Kabupaten Natuna,  Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Natuna  berkerjasama dengan para stakeholders, menggulirkan Program Adiwayata ini untuk mewujudkan warga sekolah yang bertanggungjawab dalam upaya perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup melalui tata kelola yang baik untuk mendukung pembangunan berkelanjutan.

Kepala Bidang Pengaduan Pengawasan, Informasi dan Komunikasi DLH, Wan Udayani mengatakan

5 Sekolah binaan Pemerintah Daerah Kabupaten Natuna dalam hal ini, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) berhasil mendapatkan Penghargaan Adiwiyata Tingkat Kabupaten pada 22 Desember 2017 lalu.

“Ada 5 Sekolah dibawah binaan kami dan stakeholder lainnya yang sudah berpredikat Adiwiyata. Kelima Sekolah tersebut antara lain, SMAN1 Bunguran Timur, SMKN2 Bunguran Batubi, SMK Pariwisata Bunguran Timur, SMP2 Bunguran Timur, dn SDN 011 Ranai, Bunguran Timur.” kata Wan Udayani. Rabu (05/12/2018).

Sekolah tersebut dinilai layak oleh  DLH untuk menyandang predikat sekolah berbasis lingkungan atau yang dikenal dengan Adiwiyata.

Setelah terpilih, kelima sekolah tersebut diberikan pembekalan, pembinaan, dan pemantapan oleh tim pembina Adiwiyata yang terdiri dari DLH, Kemenag, Dinas Pendidikan, Kepemudaan dan Olahraga, Forum Kota Sehat Natuna, dan juga STAI Natuna.

Hingga pada akhirnya, berdasarkan Surat Nomor 344/DLHK/4.3/2018, Tanggal 12 November 2018, perihal pemberitahuan serta penyampaian hasil penetapan penerimaan penghargaan Sekolah Adiwiyata Provinsi Kepulauan Riau. Sebagai mana tertuang dalam berita acara hasil penilaian dan penetapan calon Sekolah Adiwiyata Provinsi Kepulauan Riau tahun 2018, 5 Sekolah di Kabupaten Natuna yang  yang telah dinilai oleh Tim Penilai dari Provinsi Kepulauan Riau dan berhasil meraih penghargaan sekolah Adiwiyata tingkat Provinsi Kepulauan Riau adalah SMAN1 Bunguran Timur, SMKN2 Bunguran Batubi, SMK Pariwisata Bunguran Timur, SMP2 Bunguran Timur, dn SDN 011 Ranai, Bunguran Timur.

Kepala DLH, Wan Asparuddin menginformasikan bahwa tim nya dan pihak Sekolah Adiwiyata akan menghadiri acara penyerahan penghargaan tersebut pada 10 Desember 2018.

Wan Asparuddin juga berharap program ini akan menjadi program yang berkelanjutan dengan peningkatan-peningkatan sesuai yang diharapkan.

“Kita berharap kedepannya dari 15 Kecamatan yang ada, setiap kecamatan memiliki paling tidak 1 sekolah yang berpredikat Adiwiyata.” imbuh nya.

(Diskominfo/Fera)

Official Site Manager Natuna Regency Website
Jl. Batu Sisir - Bukit Arai, Gedung B Lantai II - P. Senoa, Ranai - Natuna 29783, Indonesia.
Email: natuna@natunakab.go.id, Telp: +62-773-31554, +62-773-31554.
x

Check Also

Momen Peringatan HUT DWP, Wabup Ingatkan Peranan Strategis Anggota Dharma Wanita

(WartaKominfo) –  Wakil Bupati Natuna, Ngesti Yuni Suprapti mengatakan bahwa sebagai organisasi ...