web site hit counter
Home / Natuna News / BAKTI Laksanakan Training Untuk Penyuluh Perikanan Natuna

BAKTI Laksanakan Training Untuk Penyuluh Perikanan Natuna

Tgl Rilis: Minggu, 28 Juli 2019 | 11:46

WartaKominfo _ Jelang Piloting Solusi Ekosistem TIK tentang Penggunaan Aplikasi Nelayan Nusantara, Badan Aksesibilitas Teknologi Informasi (BAKTI) Kementerian Komunikasi dan informatika (Kemenkominfo) Republik Indonesia gelar Training of Trainer (ToT) kepada Tim Penyuluh Perikanan Natuna di Ruang Rapat Kantor Administrasi Sentra Kelautan dan Perikanan Terpadu (SKPT) Selat Lampa Kabupaten Natuna, Jum’at (27/07).

Training ini dilaksakan guna untuk memberikan gambaran tentang penggunaan dan pemanfaatan Aplikasi Nelayan Nusantara yang tidak lama lagi akan di louncing oleh BAKTI untuk nelayan Natuna.

“Insyaallah pada Minggu kedua atau Minggu ke tiga pada bulan Agustus Piloting ini akan dilaksanakan. Selama kegiatan piloting nanti kami juga membutuhkan kerjasama dari iskindo untuk membantu kami dengan menyediakan pendamping atau penyuluh perikanan selama kegiatan piloting berlangsung”, ujar Paramita dari BAKTI Kemenkominfo RI.

Paramita juga mengatakan, pada Pestival PRB yang dilaksanakan pada bulan Maret lalu, BAKTI telah memberikan Devis dan Aplikasi Nelayan Nusantara kepada Nelayan Natuna. Namun pada pelaksanaan piloting nanti, selain aplikasi Nelayan BAKTI juga akan memasang alat AIS untuk Solusi 247 di kapal nelayan guna untuk Mengkader nelayan yang berlayar diluar jangkauan signal GSM.

Dalam forum diskusi, salah satu Tim Penyuluh Perikanan Natuna Andriani Zumi mengatakan, berdasarkan dengan hasil survei dilapangan, hal yang paling utama diperhatikan terhadap nelayan adalah penunjang keselamatan. Berdasarkan real dilapangan, masih banyak para nelayan yang masih minim dengan fasilitas keselamatan seperti Radio atau yang paling dasarnya jaket pelampung.

Terkait dengan Aplikasi Nelayan Nusantara ini, Tim Penyuluh Perikanan Natuna sangat mendukung sekali atas program tersebut. Mereka berharap program ini dapat berjalan tidak setengah-setengah dalam upaya membantu mensejahterakan para nelayan.

Selain Tim Penyuluh Perikanan Natuna, Pihak Pengelola Pelabuhan SKPT dan PT. Perindo juga sangat mendukung program tersebut. Pihak mereka juga akan siap membantu dan menyediakan fasilitas yang akan dibutuhkan dalam pelaksanaan piloting nanti.

Usai pelaksanaan training, Tim BAKTI bersama penyuluh perikanan meninjau Coolstured untuk melihat-lihat kualitas daya tampung dan jenis ikan apa saja yang telah ditangkap oleh nelayan Natuna.
(Diskominfo/Mardi).

Official Site Manager Natuna Regency Website
Jl. Batu Sisir - Bukit Arai, Gedung B Lantai II - P. Senoa, Ranai - Natuna 29783, Indonesia.
Email: natuna@natunakab.go.id, Telp: +62-773-31554, +62-773-31554.
x

Check Also

Wan Siswandi Pimpin Rapat Focus Group Diskussion (FGD)

Sekretaris Daerah Kabupaten Natuna, Wan Siswandi, S.Sos. M.Si., gelar Rapat Focus Group ...