Home / Natuna News / Bupati Natuna Hadiri Kegiatan Interaksi dan Diskusi Bersama Tim Kementerian Koordinasi Bidang Politik, Hukum dan keamanan Republik Indonesia.

Bupati Natuna Hadiri Kegiatan Interaksi dan Diskusi Bersama Tim Kementerian Koordinasi Bidang Politik, Hukum dan keamanan Republik Indonesia.

(wartaKominfo) – Rabu, 29 Juni 2022, pemerintah Kabupaten Natuna menerima kunjungan dari Tim kementerian koordinator bidang politik,hukum dan keamanan Republik Indonesia dalam kegiatan interaksi dan diskusi yang diikuti oleh FKPD dan Prokopimda.

Bupati Natuna , Wan Siswandi dalam sambutannya menyampaikan terimakasih kemenpolhukam yang sudah mengunjungi kabupaten Natuna dalam rangka audiensi dan diskusi.

“Kunjungan ini membuktikan bahwa pemerintah pusat memiliki perhatian khusus terhadap Kabupaten Natuna. Hal ini merujuk pada 5 prioritas pembangunan Kabupaten Natuna yang telah di tetapkan oleh pemerintah pusat salah satunya adalah bidang pertahanan. Kita sepakat bahwa pertahanan dan keamanan bergerak lurus bersama kesejahteraan masyarakat” Jelas Wan Siswandi

Selanjutnya Wan Siswadi menyampaikan bahwa pemerintah Kabupaten Natuna terus memberikan dukungan untuk mendorong pembangunan di bidang pertahanan dan keamanan.

“Natuna sebagai wilayah perbatasan tentunya tidak terlepas dari pertahanan. Tidak hanya didarat tapi tentunya daerah laut karena hampir 98 % wilayah kabupaten Natuna terdiri dari laut. Sehingga perlu penjagaan yang lebih ketat untuk menjaga laut dan sumber daya laut Natuna. Semoga sinergitas pemerintah dan Prokopimda dapat terus berjalan seperti selama ini telah berjalan dengan baik “ tambah Wan Siswandi.

Wan Siswandi juga menambahkan bahwa dari bidang pariwisata Natuna ditunjuk sebagai salah satu kawasan Geopark Nasional karena memiliki kekayaan alam yang mencakup Geodiversity, Biodiversity dan cultural-diversity yang saat ini sedang di ajukan ke UNESCO untuk menjadi Geopark Global.

Asisten Deputi Koordinator Kerma Asean, Abdullah Zulkifli dalam sambutannya menyampaikan bahwa kedatangan Rombongan adalah untuk memperkenalkan stakeholder dibidang kemaritiman kepada pemerintah Natuna.

“Kami harap dalam kunjungan ini kami dapat mendorong Natuna sebagai daerah strategis dapat meningkatkan pergerakan ekonomi masyarakat. Ada banyak hal yang telah disampaikan Bupati Natuna dalam rencana pembangunan kedepan. Ini akan jadi pertimbangan untuk membangun pemetaan pembangunan didaerah terdepan” Jelas Zulkifli.

Roy SoemiratDirpolkam Asean dalam sambutannya juga menyampaikan bahwa yang menjadi fokus kementerian luar negeri salah satu diplomasi vaksin dimana Kabupaten Natuna salah satu dengan capaian target tertinggi perlu mendapatkan apresiasi setinggi-tingginya.

“Dengan terkait pengajuan Geopark Global bukan hanya tentang status pengakuan dunia, tapi bagaimana kita bisa mengelola dan menjadi warisan dan sumberdaya. Kementerian Luar negeri juga sedang fokus pada Food Security yang saat ini menjadi issue diluar negeri, ini menjadi tugas kita semua untuk menjaga sumberdaya alam, energi termasuk sumberdaya manusianya” Tambah Roy.

Selanjutnya dari Bakamla, Bambang Irawan menjelaskan bahwa Natuna dan Bakamla adalah hal yang tidak terpisahkan. Beberapa agenda yang sedang dipersiapkan adalah patroli Nasional untuk menjaga wilayah perbatasan. Sehingga Bakamla akan terus berkoordinasi untuk menjaga wilayah perbatasan Utara Indonesia.

Pemkab Natuna berharap melalui audiensi ini dapat meningkatkan koordinasi antara pemerintah daerah dan pemerintah pusat dalam meningkatkan kualitas petahanan dan keamanan daerah perbatasan.

Diskominfo/Patli

x

Check Also

Ahli Madya Analisis Hukum Sertda Natuna Hadiri Acara Pelantikan Mahasiswa Baru Pem Akamigas Tahun 2022.

(wartaKominfo) – Ahli Madya Analisis Hukum Sertda Natuna Erliyansyah mewakili Pemerintah Kabupaten ...