Home / Natuna News / Bupati Natuna : Permainan Gasing Adalah Saran Pererat Silaturahmi dan Kerukunan Umat

Bupati Natuna : Permainan Gasing Adalah Saran Pererat Silaturahmi dan Kerukunan Umat

(wartaKominfo) – Kegiatan Pertandingan Gasing seperti ini merupakan hal positif dalam melestarikan permainan rakyat yang menjadi seni-budaya masyarakat Natuna. Terus lestarikan, permainan rakyat jangan sampai hilang.

Hal tersebut di sampaikan oleh Bupati Natuna Wan Siswandi dalam sambutan membuka secara resmi Turnamen Gasing Cup Desa Ceruk. Minggu, 03/09/2023. Dalam turnamen ini ada dua kategori tanding gasing yaitu pangkak dan betendin (tanding lama gasing berputar). Kegiatan berlangsung hingga 17 hari ke depan.

 

Dalam sambutannya Bupati Natuna Wan Siswandi menyampaikan pertandingan gasing ini harus selalu di adakan guna melestarikan permainan rakyat Natuna ini.

“Jadi sudah seharusnya ada pertandingan gasing, untuk menumbuhkan rasa semangat diri agar permainan gasing tetap lestari di kalangan masyarakat Natuna”. Ujarnya

Selanjutnya Wan Siswandi juga menambahkan bahwa pertandingan ini bukan mencari menang dan kalahnya tapi pertandingan ini adalah ajang untuk memperkuat tali silaturahmi dan kerukunan umat.

“Tujuan dilaksanakan ini bukan untuk mencari siapa paling hebat, tetapi untuk mempererat tali silahturahmi bersama masyarakat khususnya para pecinta permainan gasingdan wahana untuk memperat kerukunan, kebersamaandan harus dipertahankan keberadaannya”. Ucapnya

Dalam kesempatan yang sama Ketua Panitia Haji Muhammad mengatakan bahwa.

“Sebanyak 33 Tim Gasing dari seluruh wilayah di Natuna turut bertanding dalam turnamen ini, sebelumnya ada 44 tim mendaftar namun hanya 33 tim yang ikut pertandingan”. Ujarnya

Pembukaan ditandai dengan pangkak yang dilakukan oleh Bupati Natuna Wan Siswandi yang berhasil memecahkan 2 buah gasing. Terlihat Wan Aris Munandar turut larut dalam permainan dan memimpin pertandingan sebagai wasit.

 

Hadir dalam turnamen tersebut, Ketua DPRD Natuna Daeng Amhar Ketua Komisi I DPRD Natuna, Wan Aris Munandar, anggota DPRD Natuna Rusdi, serta camat dan beberapa Kepala Desa.

Diskominfo/Sadria

x

Check Also

Isi Kuliah Subuh, Wakil Bupati Natuna Tekankan Pentingnya Shalat

(wartaKominfo) – Salah satu pelaksanaan visi misi Bupati dan Wakil Natuna saat ...