Home / Natuna News / Dinas Pertanian Siapkan Penyuluh Handal

Dinas Pertanian Siapkan Penyuluh Handal

(WartaKominfo) – Dinas Pertanian Kabupaten Natuna terus berupaya meningkatkan kualitas tenaga penyuluh untuk membina petani dalam meningkatkan hasil sektor pertanian di Kabupaten Natuna.

Melalui Bidang Sarana Prasarana dan Pasca Pertanian, Dinas tersebut mengadakan Pelatihan Mekanisme Alat Mesin Pertanian, selama dua hari dari tanggal 23 s/d 24 Mei 2018 di Balai Benih Tanaman Pangan Holtikultura (BBTPH)  Dinas Pertanian Kabupaten Natuna,  di kawasan ujung Harapan Jaya.

Kegiatan itu diawali  dengan acara pembukaan pelatihan oleh Kasi Sarana Prasarana dan Pasca Panen, Dinas Pertanian dan dilanjutkan dengan praktik penggunaan alat pertanian pada hari kedua. Sebanyak 6 peserta dari dinas pertnaian ikut dalam kegiatan tersebut, 4 diantaranya adalah tenaga penyuluh.

Dalam pelatihan tersebut,  keempat Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) diberi pemahaman tentang penggunaan mesin traktor dan mengoperasikan traktor pada lahan kosong di BBPTH yang di pandu oleh Trainer handal, Hendra Manurung dartk Teknisi PT Altrak 1978.

Kasi Sarana Prasarana dan Pasca Panen Dinas Pertanian,  H. Arizatin,  S. P menyatakan bahwa, program ini adalah program dari Kementrian Pertanian Republik Indonesia yakni program Cetak Sawah.  Pihak kementrian memberi bantuan berupa alat seperti traktor, mesin pompa air,  mesin tanam padi, dan handtraktor.

Pada tahun 2017 lalu,  dicetak sawah seluas 88 Hektar berlokasi di Kelarik dan Batubi. Pada tahun ini,  akan dicetak seluas 200 hektar.

Hingga saat ini,  bantuan alat dari pusat untuk menunjang program tersebut antara lain, traktor 8 unit, mesin pompa air 20 unit,  alat tanam padi 4 unit .

“Tujuannya untuk membekali tim penyuluh kita supaya handal.  Nanti orang-orang ini yang menghandle alat ini, dan mengawasi petani”, ujar Arizatin kepada Warta Kominfo.

Kata Arizatin, petani juga boleh menggunakan alat tersebut, tidak dikenai biaya sewa,  namun menanggung biaya operasionalnya sendiri.

Pelatihan penggunaan alat pertanian ini diharapkan tim penyuluh mampu membina kelompok petani sehingga terbantu perekonomian masyarakat.

“Untuk membantu perekonomian masyarakat dan sebagai daerah cadangan pangan, kalau sudah dibantu buka lahan kan enak petani tinggal tanam tinggal kelola”, tambahnya.

(Diskominfo/Fera)

Official Site Manager Natuna Regency Website
Jl. Batu Sisir - Bukit Arai, Gedung B Lantai II - P. Senoa, Ranai - Natuna 29783, Indonesia.
Email: natuna@natunakab.go.id, Telp: +62-773-31554, +62-773-31554.
x

Check Also

Pemda Natuna Gelar Upacara Memperingati HUT RI ke 73

(WartaKominfo) – Permerintah Daerah Kabupaten Natuna menggelar Upacara Bendera dalam rangka memperingati ...