Home / Natuna News / Dinas Sosial Gelar Pelatihan Taruna Siaga Bencana

Dinas Sosial Gelar Pelatihan Taruna Siaga Bencana

(wartaKominfo) – Senin, 20 November 2023. Bertempat di Aula Tren Central hotel, Pemerintah Kabupaten Natuna melalui Dinas Sosial menggelar pelatihan taruna siaga bencana (Tagana).

TAGANA adalah relawan sosial atau Tenaga Kesejahteraan Sosial yang berasal dari masyarakat dan memiliki kepedulian serta aktif dalam penanggulangan bencana bidang perlindungan sosial.

 

Mengusung tema membangun kedisplinan terhadap bencana berbasis komunitas, acara dibuka oleh Asisten III Bidang Administrasi Umum, Tasrif.

Puryanti, Kepala Dinas Sosial dalam laporan panitia menyampaikan kegiatan dilaksanakan 3 hari dari tanggal 20 s.d 23 November 2023 yang diikuti oleh 17 peserta.

Tujuan pelaksanaan kegiatan ini salah satunya pembinaan dan peningkatan kemampuan tagana yang merupakan bagian dari Potensi dan Sumber Kesejahteraan Sosial (PSKS) serta menjadi ajang silaturahmi antara anggota Tagana dengan pemerintah Kabupaten Natuna.

Tahun depan baru akan dilaksanakan kampung siaga bencana.

Selanjutnya sambutan Bupati Natuna yang disampaikan oleh Asisten III menjelaskan komunitas ini menjadi implementasi kebijakan pemerintah melalui permensos no. 28 tahun 2012 , dimana Tagana selain menjalankan tugas juga memiliki tanggungjawab untuk mendukung tugas-tugas penanganan masalah sosial lainnya terkait penanggulangan bencana.

“Melalui kegiatan ini, nantinya akan diberikan pembekalan bagaimana menangani kondisi kejadian bencana, mengawasi, mengendalikan, mengkoordinasikan serta melakukan tindakan dengan tepat, bagi pencegahan terjadinya korban jiwa,” ungkap Tasrif.

Selanjutnya Tasrif melanjutkan komunitas ini diharapkan mampu merespon berbagai kejadian bencana, sebagai lapis pertama, yang dapat secara pribadi maupun menjadi koordinator lapangan.

Diskominfo/Dani

x

Check Also

Serahkan Bantuan Pupuk Kelompok Petani Desa Batubi Jaya, Bupati Natuna : Upaya Pemerintah Dalam Peningkatan Produktivitas Bidang Pertanian

(wartaKominfo) – Pemerintah Daerah Kabupaten Natuna menyerahkan Bantuan Pupuk kepada Kelompok Petani ...