web site hit counter
Home / Natuna News / Diskominfo Natuna Gelar Sosialisasi Internet Sehat dan Aman (INSAN)

Diskominfo Natuna Gelar Sosialisasi Internet Sehat dan Aman (INSAN)

Tgl Rilis: Rabu, 16 Oktober 2019 | 10:07

(wartaKominfo) – Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Natuna (Diskominfo) menggelar Sosialisasi Internet Sehat dan aman (INSAN) untuk siswa SLTP dan SLTA di Kecamatan Bunguran Timur, Bunguran Timur Laut, dan Bunguran Tengah yang dipusatkan di Ranai, tepatnya di Gedung Sri Serindit. Selasa, (15/10/19).

Kepala Diskominfo Kabupaten Natuna, Raja Darmika dalam sambutannya mengatakan, bahwa sejak Kabel Fiber Optik Palapa Ring Barat telah beroperasi di Natuna, perkembangan TIK kian meningkat. Khususnya untuk Ibu Kota Ranai, sudah terdapat beberapa area wifi publik yang disediakan oleh pemerintah untuk masyarakat mengakses internet. Tidak hanya masyarakat yang berdomisili di Ibu Kota Ranai dan sekitaran, kemudahan akses telekomunikasi juga dirasakan masyarakat yang berada diluar Pulau Bunguran, baik itu dengan telah berdirinya tower telekomunikasi, maupun bantuan internet gratis berupa Vsat/Satelit yang telah diterima oleh beberapa Desa, Sekolah, juga Puskesmas yang ada di Kabupaten Natuna.

Oleh sebab itu, kemudahan mengakses internet ini diharapkan dipergunakan dengan bijak dan sehat, agar aman dari resiko-resiko kejahatan dunia maya yang kini marak terjadi, khususnya untuk para pelajar.

“Dengan kemudahan akses internet ini, perlu kita pahami bahwa teknologi internet ini memiliki sisi baik dan sisi buruknya. Sisi baiknya kemudahan dalam mendapatkan informasi, menyebarluaskan informasi, berkomunikasi, bertransaksi, dapat dilakukan kapan saja dan dari mana saja. Lalu sisi negatifnya adalah penyebaran berita bohong/hoax, perjudian online, pornografi, penipuan, kejahatan lain yang memanfaatkan internet ini” kata Raja.

“Oleh sebab itu kita harus berupaya melakukan pencegahan sejak dini. Sasaran kita adalah generasi muda karna pengguna internet yang paling banyak adalah anak anak sekolah ini. Kita tidak mau mereka menjadi korban kejahatan dunia maya. Salah satu usaha kita adalah mengadakan sosialisasi internet sehat dan aman bagi pelajar/siswa” sambung Raja.

Kegiatan Sosialisasi Internet Sehat dan Aman (INSAN) ini dilaksanakan bertujuan agar siswa atau pelajar mendapat pengetahuan penggunakan internet dan media sosial untuk hal yang bermanfaat, secara bijak dan aman serta menunjang peningkatan prestasi di Sekolah. Sosialisasi INSAN dibuka oleh Bupati Natuna Hamid Rizal, diikuti oleh 334 Siswa atau Pelajar yang berasal dari SLTA dan SLTP di Kecamatan Bunguran Timur, Bunguran Timur Laut, dan Bunguran Tengah.

(Diskominfo/Fera)

Official Site Manager Natuna Regency Website
Jl. Batu Sisir - Bukit Arai, Gedung B Lantai II - P. Senoa, Ranai - Natuna 29783, Indonesia.
Email: natuna@natunakab.go.id, Telp: +62-773-31554, +62-773-31554.
x

Check Also

Bupati Natuna Hadiri Rakornas Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah

Demi terciptanya peningkatan layanan publik, yang bertujuan untuk meningkatkan perekonomian ditingkat Nasional ...