Home / Natuna News / Dubes AS Himbau Natuna Fokus Lestarikan Lingkungan untuk Dukung Pengembangan Potensi Pariwisata

Dubes AS Himbau Natuna Fokus Lestarikan Lingkungan untuk Dukung Pengembangan Potensi Pariwisata

Duta Besar Amerika Serikat untuk Indonesia, Joseph R Donovan Jr dalam rangkaian agenda lawatan resminya di Kabupaten Natuna, berkesempatan menghadiri acara Ramah Tamah bersama Menteri Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia dengan segenap jajaran Pemerintah Daerah Kabupaten Natuna, bertempat di Gedung Serbaguna Sri Serindit, Ranai, kamis (07/11) malam.

Hadir pula pada acara tersebut, Atase Pertahanan dan Konsul Kedubes AS, beberapa pejabat dari Kementerian Kelautan dan Perikanan, Danlantamal IV, Bupati Natuna, Anggota Forum Koordinasi Pimpinan Daerah dan Pimpinan Organisasi Perangkat Daerah dilingkungan Pemerintah Kabupaten Natuna.

Menurut Joseph R Donovan Jr dalam sambutannya mengatakan bahwa Kabupaten Natuna merupakan salah satu wilayah strategis yang terletak pada Alur Laut Kepulauan Indonesia yang menghubungkan berbagai negara di Indo Pasifik dan memiliki peran penting dalam membangun hubungan antar negara terutama dibidang.

Selain itu, tujuan lawatan resmi ini Joseph mengakui berkeinginan untuk melihat secara langsung kondisi laut Kabupaten Natuna yang menurutnya memiliki nilai jual tinggi sebagai salah satu aset potensi pariwisata dengan kondisi karang, potensi ikan dan biota laut yang masih sangat terjaga.

Namun Joseph juga mengingatkan bahwa seiring meningkatnya kebutuhan dan perkembangan pembangunan, bukan tidak mungkin kondisi laut Natuna akan berubah menjadi rusak.

Oleh karenanya dibutuhkan proses edukasi kepada masyarakat untuk turut serta dalam mengupayakan pelestarian terumbu karang dan menjaga kebersihan laut bagi keberlangsungannya.

Dalam kesempatan yang sama Bupati Natuna, Abdul Hamid Rizal menyambut baik dan mengucapkan selamat datang terutama kepada Dubes AS yang sudi mengunjungi Kabupaten Natuna. Dimana lawatan ini merupakan tindak lanjut dari kunjungannya ke Kantor Kedubes dan Konsulat AS untuk Indonesia di Jakarta beberapa waktu yang lalu.

Hamid Rizal menerangkan bahwa dalam pertemuan tersebut, ia telah memaparkan berbagai potensi daerah yang menjadi unggulan saat ini, dengan harapan pihak Kedubes AS dapat berminat untuk merekomendasikan kepada berbagai investor untuk menanamkan modal bagi mendukung upaya peningkatan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat.

Kepada Menteri Kelautan dan Perikanan RI, tidak lupa Hamid Rizal sampaikan apresiasi karena selama ini telah menunjukkan komitmen dan dukungan terhadap pelaksanaan pembangunan daerah sebagai implementasi Nawacita Presiden RI untuk mengupayakan percepatan pembangunan di daerah perbatasan seperti Kabupaten Natuna.

(Humas_Pro/Arf/Alex)

Official Site Manager Natuna Regency Website
Jl. Batu Sisir - Bukit Arai, Gedung B Lantai II - P. Senoa, Ranai - Natuna 29783, Indonesia.
Email: natuna@natunakab.go.id, Telp: +62-773-31554, +62-773-31554.
x

Check Also

Bupati Natuna Sambut kedatangan Duta Besar AS di Ranai

Rabu Siang (7/11) Duta Besar Amerika Serikat untuk Indonesia, Joseph R Donovan ...