Home / Natuna News / Dubes Amerika Serikat Kunjungi SMAN 1 Bunguran Timur, Natuna

Dubes Amerika Serikat Kunjungi SMAN 1 Bunguran Timur, Natuna

(WartaKominfo) – Usai melepas Anak Penyu di pantai Alif Stone Park Sepempang Kecamatan Bunguran Timur, Rombongan Kedutaan Besar Amerika Serikat didampingi Bupati serta beberapa pejabat Pemkab  Natuna mengunjungi SMA Negeri 1 Bunguran Timur dalam rangkaian acara nonton bareng film “ A Plastic Ocean”, Kamis (08/11).

Kedatangan Rombongan tersebut disambut baik oleh para guru dan pelajar SMAN 1 Bunguran Timur yang tampak memenuhi ruangan Aula yang dijadikan tempat pelaksanaan acara nobar tersebut. Turut hadir pula para Kepala Sekolah dan perwakilan dari Siwa tingkat SMA sederajat se Bunguran besar, SMA Bunguran Barat, SMA Bunguran Utara, SMA Pulau Tiga, SMPN 1 Bunguran Timur dan STAI Natuna.

Kepala SMAN 1 Bunguran Timur Prihatno Budiriyanto merasa bangga dan bersyukur karena sekolah yang dipimpinnya menjadi satu-satunya sekolah di Natuna yang di kunjungi oleh Duta Besar Amerika Serikat tersebut. Ia berharap dengan adanya kegiatan ini dapa menjadi motivasi yang luarbiasa bagi para siswa.

“Saya ucapkan terimakasih kepada Duta Besar Amerika serikat Bapak Joseph R Donovan Jr beserta rombongan karena telah sudi berkunjung ke Natuna khususnya ke sekolah kami”, ujar Prihatno dalam sambutannya.

Film yang diputar berjudul “A Plastic Osean” tersebut menceritakan tentang pencemaran laut yang disebabkan oleh sampah plastik. Diceritakan bahwa, pencemaran lingkungan yang disebabkan oleh sampah plastik telah merusak ekosistem laut diberbagai belahan dunia bahkan telah sampai di Samudra Hindia. Banyak biota laut seperti ikan, kerang , plankton dan hewan lainnya sudah mengandung bakteri karena memakan sampah-sampah plastik yang telah menjadi mikro plastic. Bakteri itu bahkan dapat tertular ke manusia apabila mengkonsumsi jenis makanan laut seperti ikan yang telah mengandung bakteri yang disebabkan oleh bahan kimia yang terkandung dalam sampah plastik yang telah dimakan oleh ikan tersebut.

Duta Besar Amerika Serikat Joseph R Donovan Jr mengatakan Indonesia memiliki kekayaan alam yang melimpah yang harus dijaga dengan baik terutama dari pencemaran yang disebabkan oleh sampah plastik.

“Saya senang sekali telah datang ke sini. Indonesia sangat beruntung karena memiliki Sumber Daya Alam yang melimpah, ikan yang melimpah dan terumbu karang yang bagus. Saya sangat suka sekali menyelam dan saya sudah menyelam di laut Natuna. Saya rasa tidak ada tempat yang paling indah yang saya kunjungi selain di Natuna. Dan saya yakin saya adalah Duta Besar Amerika yang pertama yang pernah menyelam di laut Natuna”, dikatakan Joseph Donovan dalam sambutannya.

Terkait dengan sampah plastik, Bupati Natuna Drs. H. Abd. Hamid Rizal, M.Si, juga dalam sambutannya mengatakan bahwa ia akan membuat sebuah Peraturan Daerah tentang larangan penggunaan plastik, terutama bagi plastik sekali pakai. Hal itu dikatakannya untuk menjaga lingkungan agar tetap bersih dan sehat di Kabupaten Natuna.

“Kalau bisa kita tidak perlu lagi menggunakan plastik terutama plastik sekali pakai. Kita buat semacam tas dari kerajinan tangan seperti rotan atau lainnya, Ibu-ibu belanja pakai itu. Jadi selain mengurangi sampah plastik juga dapat memutar roda perekonomian masyarakat”, jelas Hamid.

Selain itu, Hamid berharap dengan datangnya Dubes Amerika Serikat ini kiranya Anak-anak Natuna diberikan beasiswa untuk sekolah di Amerika. Karena telah melihat kondisi di Natuna, berharap ada perhatian khusus untuk Anak-anak Natuna.

Terkait dengan hal itu, Josep menyampaikan bahwa saat ini Pemerintah Amerika telah bekerjasama dengan Pemerintah Indonesia untuk memberikan program beasiswa untuk Anak-anak Indonesia yang ingin melanjutkan studi di Amerika Serikat. Ia juga mengatakan Pemerintah Amerika juga telah menyiapkan beasiswa penuh  untuk para pelajar tingkat SMA di Indonesia melalui program “YES”.

Program Kennedy-Lugar Youth Exchange Study (YES) tersebut merupakan pertukaran pelajar tingkat SMA  di Indonesia untuk mengembangkan diri di sekolah tingkat SMA di Amerika Serikat selama setahun. Program ini didirikan pada tahun 2003 dan telah mengirim 100 siswa Indonesia setiap tahunnya ke Amerika Serikat. Program tersebut ditujukan untuk siswa kelas XI.

(Diskominfo/Mardi)

Official Site Manager Natuna Regency Website
Jl. Batu Sisir - Bukit Arai, Gedung B Lantai II - P. Senoa, Ranai - Natuna 29783, Indonesia.
Email: natuna@natunakab.go.id, Telp: +62-773-31554, +62-773-31554.
x

Check Also

Buka Event, Bupati Natuna Ajak Tingkatkan Daya Tarik Pariwisata Daerah

(WartaKominfo) – Selain untuk menyemarakan bulan Ramadhan 1440 H, Festival Musik Sahur ...