Home / Natuna News / Dispar Natuna Latih Puluhan Pemandu Wisata Budaya

Dispar Natuna Latih Puluhan Pemandu Wisata Budaya

(wartaKominfo) – Kamis, (20/07/23) Dinas Pariwisata (Dispar) Kabupaten Natuna menggelar Pelatihan Pemandu Wisata Budaya (Museum) yang diikuti sebanyak 40 peserta.

Pelatihan yang berlangsung di Aula Natuna Hotel mulai 20-23 Juli 2023 diikuti berbagai pemangku pariwisata , pemangku adat budaya, pengelola objek wisata, dan pokdarwis kecamatan .

Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Natuna, Hardinansyah dalam sambutannya menyampaikan bahwa Natuna sampai saat ini belum memiliki pemandu wisata budaya, sedangkan wisata yang hendak dijual kepada wisatawan khususnya Malaysia dan Singapura adalah wisata budaya .

“Sampai saat ini kita belum memiliki guide atau pemandu wisata budaya. InsyaAllah pada 30 Agustus nanti kita akan kedatangan wisatawan dari Malaysia. Sebenarnya yang akan kita jual adalab wisata budaya, karena budaya kita hampir mirip seperti budaya mereka tetapi mereka hanya tinggal cerita sedangkan kita masih ada” kata Hardinansyah .

Lebih lanjut ia juga mengatakan bahwa pada tahun ini sudah dianggarkan untuk operasional Museum. Ia berharap kegiatan tersebut dapat memberikan pencerahan khususnya dibidang wisata budaya.

“Museum insyaAllah tahun ini dianggarkaon untuk bisa dioperasionalkan , mudah mudahan pelatihan ini dapat mencerahkan kita. Kepada peserta, gali lah ilmu sebanyak-banyak nya pada hari ini. Mudah-mudahan dengan eklusifnya destinasi yang kita tawarkan bisa menarik perhatian wisatawan untuk kesini” turur nya.

Sementara itu, Kepala Bidang Emonomi Kreatif Dispar Natuna, Wan Andrico mengatakan acara bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan, motivasi dan profesionalitas pemandu wisata budaya yang nanti nya akan memberikan informasi dan edukasi kepada pengunjung atau wisatawan budaya khususnya museum.

“Museum adalah daya tarik wisata buatan dibangun untuk pelastrian sebagai sarana edukasi bagi pengunjung untuk informasi benda benda peninggalan sejarah. Diperlukan seorang pemandu wisata museum nantinya bertugas untuk menyampaikan informasi kepada pengunjung secara komunikatif” ucapnya.

“Pelatihan ini bertujuan meningkatkan pengetahua motivasi agar meningkatkan profesionalitas pemandu wisata, yang kita mulai pada 20-23 juli 2023 dengan metode pelatihan dengan Narasumber Pengelola Museum Sri Srindit” kata nya, mengakhiri.

(Diskominfo/Fera)

x

Check Also

Pemda Natuna Gelar Rakor Penanggulangan Kejahatan Seksual Terhadap Anak di Kabupaten Natuna

(wartaKominfo) – Pemerintah Daerah Kabupaten Natuna menggelar Rapat koordinasi bersama beberapa OPD, ...