web site hit counter
Home / Natuna News / Gasing, Warisan Seni Budaya Asli Natuna Harus Dilestarikan

Gasing, Warisan Seni Budaya Asli Natuna Harus Dilestarikan

(WartaKominfo) – Sebuah permainan rakyat yang berasal dari Natuna yang dinamakan Permainan Gasing Tradisional turut ikut andil dan dilombakan dalam memeriahkan perhelatan Funtouristic Festival 2019. Bertempat di Bukit Cemaka Ranai, Lomba Gasing Tradisiona secara resmi telah dibuka oleh Kepala Dinas pariwisata Kabupaten Natuna Hardinansyah, Senin (29/07).

Pertandingan gasing merupakan warisan seni budaya asli Natuna yang harus dijaga kelestariannya. Salah satu cara dalam menjaga kelestarian seni budaya Natuna adalah mengagendakannya kedalam event-event besar seperti Funtouristic Festival yang diselenggarakan oleh Dinas Periwisata dan Kebudayaan Kabupaten Natuna.

“Yang paling penting harus diingat adalah permainan gasing ini merupakan seni budaya asli natuna yang harus dijaga kelestariannya. Jadi saya harap kedepan ini lebih dapat ditingkatkan lagi” ujar Hardinansyah dalam sambutannya sebelum membuka acara Festival Gasing secara resmi.

Sebagai Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Natuna, Hardinansyah berencana akan menjadikan lapangan permainan gasing yang ada di Bukit Cemaka tersebut akan diusulkan menjadi lapangan permanen untuk permainan gasing Natuna serta akan menjadikan salah satu objek wisata Natuna.

Hardinansyah juga berharap permainan gasing ini tidak hanya akan dimainkan atau dilombakan setahun sekali seperti pada event Funtouristic ini saja, akan tetapi bagaimana juga dapat dilaksanakan permainan dalam peringatan atau dalam rangka kegiatan lainnya.

Dalam laporan Ketua Panitia Pelaksana yang disampaikan oleh Hairunnazar, pelaksanaan Festival Gasing ini akan dilaksanakan selama dua hari yaitu pada tanggal 29 s/d 30 Juli 2019. Jumlah peserta yang mengikuti festival ini ada 10 group, yang tiap group terdiri dari 10 – 15 orang.

Sedangkan total hadiah yang telah dipersiapkan untuk para pemenang sebesar Rp. 20.000.000 yang dipotong pajak. Untuk Juara I berhak mendapatkan hadiah sebesar Rp. 5.625.000, Juara II Rp. 4.125.000, Juara III Rp. 3.000.000 , dan Juara IV sebesar Rp. 2.225.000.

Sebagai tanda dimulainya Festival Gasing tersebut, Kepala Disparbud Natuna Hardinansyah bersama Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Natuna Zakimin, diperkenankan untuk memutarkan memutar gasing dan menangkal gasing pertamakali.
(Diskominfo/Mardi)

Official Site Manager Natuna Regency Website
Jl. Batu Sisir - Bukit Arai, Gedung B Lantai II - P. Senoa, Ranai - Natuna 29783, Indonesia.
Email: natuna@natunakab.go.id, Telp: +62-773-31554, +62-773-31554.
x

Check Also

Landmark Pantai Kencana diharapkan dapat Dukung Geopark Natuna

Pemerintah Kabupaten Natuna menggelar Rapat Terbatas bagi membahas usulan CSR Hulu MIgas ...