web site hit counter
Home / Natuna News / Gali Potensi Penyanyi Natuna, Disparbud Gelar Festival Lagu Melayu

Gali Potensi Penyanyi Natuna, Disparbud Gelar Festival Lagu Melayu

(wartaKominfo) – Pegelaran Funturistic Festival dalam rangka merayakan Hari Jadi Kota Ranai ke 148 juga merupakan sebagai ajang pencarian bakat atau penggali potensi bagi anak-anak Natuna cikal bakal penyanyi melayu terbaik dengan digelarnya Festival Lagu Melayu, senin malam (29/07) di Pantai Kencana Ranai Kabupaten Natuna.

Selain merupakan salah satu upaya untuk mengangkat Budaya Natuna dalam rangka mempromosikan Pariwisata Kabupaten Natuna kepada dunia, rangkaian acara seperti festival Lagu Melayu tersebut diharapkan dapat melahirkan penyanyi melayu terbaik untuk mewakili Natuna.

Hal tersebut disampaikan oleh Hadisun selaku Koordinator acara sekaligus Juri pada Festival Lagu Melayu, Funtouristic Festival 2019. “mudah-mudahan dalam kurun waktu dua malam ini dapat ditemukan potensi penyanyi lagu melayu baik laki-laki maupun perempuan yang akan mewakili Natuna” tutur Hadisun.

Acara yang terselenggara atas kerjasama Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Natuna dengan Indrasyah Musik (IM) tersebut berlangsung selama 2 malam dengan jumlah keseluruhan peserta 41 orang. Jumlah peserta meningkat dibandingkan tahun lalu, sebelumnya jumlah peserta hanya 38 meningkat menjadi 41.

Hal itu menunjukkan bahwa,  dengan berkembangnya zaman, rasa cinta terhadap lagu melayu yang merupakan budaya masyarakat Natuna akan tetap selalu tertanam dan akan selalu kokoh terjaga dengan banyaknya minat para anak-anak muda Natuna yang ikut berkompetisi dalam Festival Lagu Melayu tersebut.

Pada malam pertama telah berkompetisi 22 peserta kategori putra dan peserta putri yang masing-masing menunjukkan kebolehannya untuk memperebutkan juara dan 19 peserta yang akan tampil ada malam kedua.

Sedangkan untuk penilaian, Hadisun menjelaskan penilaian terbagi menjadi 3 kategori diantaranya :

Pertama, materi suara, warna suara, jangkauan suara, yang merupakan aspek bawaan atau anugerah yang dimilki penyanyi tersebut.

Kedua, teknik vokal yang merupakan kemampuan dari pada penyanyi. Bagaimana penyanyi mengolah vokal dengan baik.

Ketiga, penampilan atau kostum dan hal lain pelengkap dalam panggung.

“Untuk itu diharapkan semua peserta dapat tampil secara maksimal menunjukan kebolehannya diatas panggung” harap Hadisun.

(Diskominfo/Fera)

Official Site Manager Natuna Regency Website
Jl. Batu Sisir - Bukit Arai, Gedung B Lantai II - P. Senoa, Ranai - Natuna 29783, Indonesia.
Email: natuna@natunakab.go.id, Telp: +62-773-31554, +62-773-31554.
x

Check Also

Landmark Pantai Kencana diharapkan dapat Dukung Geopark Natuna

Pemerintah Kabupaten Natuna menggelar Rapat Terbatas bagi membahas usulan CSR Hulu MIgas ...