Home / Natuna News / Hadiri Satu Syukuran Milad Rumah Baca Kun Anta kesatu dan Satu Hari Literasi, Wakil Bupati Natuna ajak Anak-Anak Sebagai Penerus Bangsa untuk Tingkatkan Literasi Ditunjang Akhlak Yang Baik

Hadiri Satu Syukuran Milad Rumah Baca Kun Anta kesatu dan Satu Hari Literasi, Wakil Bupati Natuna ajak Anak-Anak Sebagai Penerus Bangsa untuk Tingkatkan Literasi Ditunjang Akhlak Yang Baik

(wartaKominfo) – Wakil Bupati Natuna, Rodhial Huda hadiri Syukuran Milad Taman Bacaan Masyarakat (TBM) Kun Anta kesatu dan bersamaan dengan Satu Hari Literasi di Rumah Baca Kun Anta, Gunung Putri Kecamatan Bunguran Batubi. Minggu (18/02/2024) pagi.

Forum Taman Bacaan Masyarakat (Forum TBM) adalah organisasi yang bergerak dalam pengembangan literasi. Forum TBM Natuna didirikan sejak tahun 2019 Hingga kini Forum TBM menjadi wadah bagi pengelola TBM dan para pegiat literasi Natuna. Kegiatan Satu Hari Literasi merupakan Program Kerja dari Forum TBM Kabupaten Natuna yang bertujuan untuk melakukan edukasi, motivasi dan pada akhirnya dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat karena literasi juga memainkan peran penting dalam pengembangan pribadi dan sosial seseorang. Orang yang memiliki kemampuan literasi yang baik cenderung lebih percaya diri dan lebih mampu berpartisipasi.

Dalam sambutan pembuka oleh Pendamping Rumah Baca Kun Anta, Syarifuddin menyampaikan bahwa membaca itu sangat penting untuk menambah pengetahuan maka sempatkan satu jam untuk membaca sehari untuk meningkatkan literasi.

“Hari ini Satu Hari Literasi bertepatan dengan milad Rumah Baca Kun Anta jadi selamat milad untuk Rumah Baca Kun Anta semoga rumah baca ini ke depan makin memberi warna untuk masyarakat kita. Kita harus sama-sama mendidik anak-anak kita dengan cara perbanyak anak-anak untuk membaca karena membaca itu penting sekali untuk menambah ilmu pengetahuan dan wawasan. Kami mengajak kita semua untuk bekerja melihat dan mendidik anak-anak kita yang pada hari ini anak-anak kita sibuk dengan gawainya, kita sempatkan dari 12 jam, 6 jamnya untuk bermain di luar dan 1 jamnya kita sempatkan untuk membaca,” ujar Pendamping Rumah Baca Kun Anta, Syarifuddin.

Kemudian dalam sambutan Wakil Bupati Natuna, Rodhial Huda menyampaikan bahwa Literasi itu sangat penting bagi seseorang khususnya anak-anak sebagai penerus bangsa. Orang tua wajib memberikan edukasi dan wawasan kepada anak-anaknya.

“Literasi adalah kemampuan seseorang seperti membaca, menulis, dan lainnya untuk mengubah kondisi. Literasi adalah keterampilan kunci untuk masa depan karena kemampuan literasi yang baik memungkinkan seseorang untuk memahami, menganalisis, dan menggunakan informasi secara efektif. Kita sebagai orang dewasa wajib mendidik anak-anak kita, ikut campur untuk mencerdaskan generasi penerus bangsa. Kemudian ajarkan juga kepada anak-anak itu akhlak yang baik. Akhlak itu penting di samping ilmu. Jadi ajarkan anak-anak juga tata krama yang baik, bagaimana bersikap, berbahasa yang santun. Kemudian juga jangan lupa membaca doa penerang hati agar nanti anak-anak ketika mendapatkan ilmu, dia juga benar-benar memahami agar nantinya ilmu yang terserap bisa bermanfaat kepada orang banyak dan khususnya diri sendiri,” ujar Wakil Bupati Natuna, Rodhial Huda.

Kemudian Wakil Bupati Natuna, Rodhial Huda juga berpesan kepada pengurus Rumah Baca Kun Anta untuk terus membimbing anak-anak sebagai penerus bangsa agar dapat bermanfaat bagi orang tua, agama, nusa dan bangsa.

“Selamat Milad buat Rumah Baca Kun Anta. Terimakasih Rumah Baca Kun Anta sudah menyediakan tempat untuk anak-anak kita untuk bisa belajar. Tolong jaga baik-baik rumah baca ini, jaga anak-anak kita ini, didik anak-anak kita ini karena memang tugas kita sebagai orang tua untuk membimbing, mendidik, memberikan wawasan agar bisa menjadi anak yang bermanfaat bagi orang tua, agama, nusa dan bangsa,” pesan Wakil Bupati Natuna, Rodhial Huda.

Kemudian Wakil Bupati Natuna, Rodhial Huda juga memberikan motivasi kepada para hadirin.

“Anak-anak kita bergantung kepada kita yang tua-tua, Makanan apa yang kita suapi, Ilmu apa yang hari-hari kita ajari, Akhlak dan Budi apa yang kita contohi, Bila kita tuah kemih berdiri niscaya mereka akan kemih sambil berlari, Lihatlah diri kita disaat kita geleng-geleng kepala melihat mereka tapi Allah Maha Kuasa, Mintalah pada-Nya agar anak-anak lebih baik daripada kita,” ujar Wakil Bupati Natuna, Rodhial Huda.

Setelah sambutan-sambutan kegiatan dilanjutkan dengan Satu Hari Literasi dengan penyampaian materi-materi yang relevan seperti Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan yang Berkualitas, Strategi Memanfaatkan Kecerdasan Buatan, dan Menjaga Kesehatan Mental dalam Perspektif Islam. Berikut pengisi materi dalam Satu Hari Literasi:
1. Fuji Rohayatin, S.Pd dengan materi Pengembangan SDM Pendidikan yang Berkualitas.
2. Patli Muhamad, S.I.Kom dengan materi Strategi Memanfaatkan AI dan Generative AI.
3. Ishak, S.H dengan materi Perspektif Islam Tentang Bagaimana Menjaga Kesehatan Mental.

Diskominfo/QThariq

x

Check Also

Pemda Gelar Pelatihan dan Pendampingan Penerapan Sistem Mutu Produk untuk Pelaku IKM Natuna

(wartaKominfo) – Dalam rangka memfasilitasi pelaku Industri Kecil Menengah (IKM) dalam mengembangkan ...