Home / Natuna News / Hamid Rizal Harapkan Dukungan Bakamla untuk Pengawasan Perairan bagi Mendukung Optimalisasi Potensi Perikanan dan Kemaritiman

Hamid Rizal Harapkan Dukungan Bakamla untuk Pengawasan Perairan bagi Mendukung Optimalisasi Potensi Perikanan dan Kemaritiman

Bupati Natuna, Abdul Hamid Rizal menghadiri acara Penandatangan Perjanjian Kerjasama antara Badan Keamanan Laut (BAKAMLA), Pemerintah Kabupaten Natuna dan Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran (STIP) Jakarta serta Peresmian Desa Maritim dan Diklat Pemberdayaan Masyarakat di Kantor Balai Desa Cemaga, Kecamatan Bunguran Selatan, Selasa (28/8) pagi.

Hadir pada acara tersebut Rombongan Bakamla, FKPD, Pimpinan OPD, masyarakat Desa Cemaga dan 107 orang Peserta Diklat yang berasal dari masyarakat Bunguran Selatan.

Dalam sambutannya Abdul Hamid Rizal mengatakan saat ini untuk masalah pengawasan, keamanan dan keselamatan laut Pemerintah Kabupaten Natuna tidak memiliki perangkat yang memadai.

Untuk itu, dengan hadirnya Bakamla sangat membantu dalam pengawasan perairan laut Natuna dari aksi pencurian ikan, penyeludupan narkoba ataupun terorisme, terutama diwilayah perbatasan NKRI.

Hamid Rizal menambahkan Pemerintah Kabupaten Natuna menyambut baik kepercayaan yang diberikan Bakamla melalui program Desa Maritim di Cemaga Kecamatan Bunguran Selatan. Melalui program ini diharapkan bisa memberikan manfaat bagi masyarakat pesisir.

Selanjutnya diucapkan terima kasih pula kepada pihak STIP yang telah menyelenggarakan Diklat Pemberdayaan Masyarakat yang dirasa akan mampu meningkatkan kesadaran masyarakat akan keselamatan melalui pengetahuan penggunaan berbagai fasilitas keselamatan beraktifitas dilaut.

Pada kesempatan yang sama Direktur Kerjasama Bakamla, Dedy Rusnandar menyampaikan bahwa pembentukan dan pengembangan Desa Maritim merupakan salah satu program Bakamla dalam upaya mengoptimalkan tugas pokok yang dijalankan.

Menurutnya kerjasama ini sangat penting mengingat isu-isu kemaritiman telah berkembang menjadi sangat krusial. Pentingnya menjaga keamanan dan keselamatan di laut harus disinergisikan dengan berbagai instansi terkait, termasuk Pemerintah Daerah serta masyarakat Pesisir dan perbatasan.

Acara dilanjutkan dengan Penandatangan Kerjasama antara Deputi Inhuker Bakamla RI dengan Pemerintah Kabupaten Natuna dan Penandatangan Prasati Desa Maritim Oleh bupati Natuna.

(Humas_Pro/Arf/Sn/Alex)

Official Site Manager Natuna Regency Website
Jl. Batu Sisir - Bukit Arai, Gedung B Lantai II - P. Senoa, Ranai - Natuna 29783, Indonesia.
Email: natuna@natunakab.go.id, Telp: +62-773-31554, +62-773-31554.
x

Check Also

Sistem Kelistrikan Natuna Telah Pulih, PLN Adakan Syukuran

(WartaKominfo) – Selasa (15/01), bertempat di Halaman Kantor PT. PLN Persero ULP ...