Home / Natuna News / Hasil Pemilu di Natuna tanpa gugatan

Hasil Pemilu di Natuna tanpa gugatan

Ranai (ANTARA) – Ketua Bawaslu Kabupaten Natuna, Kharulrizal, mengatakan proses tahapan Pemilu 2019 di Natuna berjalan lancar, aman, tidak terdapat gugatan dari para peserta pemilu hingga layanan pengaduan keberatan ditutup hari ini.

“Natuna tidak ada gugatan sampai tadi malam atau dini hari pukul 01.45 WIB, sudah kita cek, tidak ada laporan yang masuk,” kata Khairulrizal saat dijumpai di ruang kerjanya, Jum’at (24/5).

Ia juga mengatakan, KPU mulai hari ini sudah bisa melakukan tahapan berikutnya, yaitu penetapan Calon Legislatif yang akan menduduki kursi DPRD Kabupaten Natuna periode 2019 – 2024.

“Tahapan pemilihan sudah selesai, tinggal penetapan hasil caleg, karena tidak ada gugatan maka akan ditetapkan oleh KPU, bisa saja dalam dua atau tiga hari ke depan,” terangnya.

Tetapi Ia juga mengingatkan kepada partai politik dan para calon bahwa masih ada tahapan yang sedang berlangsung saat ini yaitu audit dana kampanye oleh Kantor Akuntan Publik (KAP).

“Jika ada gugatan dari KAP, maka penetapan calon bisa saja dibatalkan,” tegas Rizal.

Ia menjelaskan, KAP akan menyoroti penggunakan dana kampanye sesuai dengan laporan pada saat awal mengikuti sebagai peserta pemilu oleh seluruh partai politik.

“Surat pemberitahuan kampanye itu menjadi dasar mereka untuk memeriksa partai atau calon dalam menghitung anggaran kampanye,” jelasnya.

Disamping itu pula, Kharulrizal turut perihatin atas terjadinya aksi kerusuhan di Jakarta, khusunya Kantor Bawaslu pusat juga menjadi sasaran.

“Saya dapat info kantor bawaslu juga mengalami kerusakan, namun kita harus pastikan tidak ada kepentingan lain, atau ditunggangi kepentingan lain dalam aksi tersebut,” kata Rizal.

Sementara atas nama Ketua Bawaslu Kabupaten Natuna, Kharulrizal memberikan apresiasi kepada pihak kepolisian atas dukungan dan kerjasama, sehingga proses tahapan Pemilu di Natuna berjalan aman dan lancar.

“Walaupun natuna aman, namun polri tetap menjalankan SOP sebagaimana mestinya, siang dan malam kantor kami tetap terus dijaga, bahkan telah disediakan kawat berduri dibawah,” kata Rizal.

Sumber : https://kepri.antaranews.com/berita/56764/hasil-pemilu-di-natuna-tanpa-gugatan

Official Site Manager Natuna Regency Website
Jl. Batu Sisir - Bukit Arai, Gedung B Lantai II - P. Senoa, Ranai - Natuna 29783, Indonesia.
Email: natuna@natunakab.go.id, Telp: +62-773-31554, +62-773-31554.
x

Check Also

Wabup Natuna sampaikan Pidato pengantar Keuangan Rancangan Perda APBD Perubahan 2019

Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Natuna Natuna menggelar Rapat Paripurna dengan ...