Home / Natuna News / Inovatif, Siswa Smansa Kreasikan Makanan Khas Natuna Pada Acara Market Day

Inovatif, Siswa Smansa Kreasikan Makanan Khas Natuna Pada Acara Market Day

(WartaKominfo) – Kewirausahaan merupakan kemampuan menciptakan sesuatu yang kreatif dan inovatif untuk mewujudkan nilai tambah.  Kreatifitass adalah kemampuan menciptakan sesuatu yang baru, yang belum pernah ada sebelumnya. Sedangkan inovasi adalah penciptaan sesuatu yang berbeda dari sebelumnya.

Untuk meningkatkan kreativitas anak dengan tujuan untuk mengenalkan kegiatan kewirausahaan sebagai bekal kemandirian terhadap mereka kelak, salah satu kegiatan yang diyakini dapat mendukung hal tersebut yakni “Market Day Festival Inovasi dan Kewirausahaan 2018/2019”.

Hal tersebut dikatakan oleh salah seorang guru SMAN1 Bunguran Timur yang merupakan Ketua Pelaksana Kegiatan tersebut.

“Secara umum tujuan program inovasi dan kewirausahaan ini adalah untuk memberikan bekal dan kemandirian kepada siswa SMAN 1 Bunguran Timur. Setelah dilaksanakan program ini, diharapkan kedepannya siswa yang mengikuti program ini memiliki pemahaman dasar bagaimana mengembangkan wirausaha yang kreatif dan inovatif.” , jelas Dian saat dikonfirmasi WartaKominfo.

Selain itu, kegiatan ini juga  sejalan dengan program SMA Rujukan  2018/2019  yakni, Program Kegiatan Kemendikbud, Program Penguatan Pendidikan Karakter (PPK).

Pada program ini, akan diinovasikan produk makanan khas kabupaten Natuna yang berbahan dasar ikan dan sagu. Karena kedua jenis bahan dasar tersebut banyak tersedia di sini.

Sasaran program ini adalah siswa kelas X dan XI SMA Negeri 1 Bunguran Timur. Sedangkan produk yang akan dibuat dan diinovasikan pada program ini adalah:

Kelas XI

Memproduksi Kernas (Bahan dasar ikan) yang diinovasi yaitu dikombinasikan dengan keju, serbuk cabe dan lain-lain.

Kelas X

Memproduksi Tabiel Mando (bahan dasar sagu mentah) yang dikombinasikan dengan keju, aneka jenis toping dan lain-lain.

(Diskominfo/Fera)

Official Site Manager Natuna Regency Website
Jl. Batu Sisir - Bukit Arai, Gedung B Lantai II - P. Senoa, Ranai - Natuna 29783, Indonesia.
Email: natuna@natunakab.go.id, Telp: +62-773-31554, +62-773-31554.
x

Check Also

Warga Serbu Bazar Sembako Murah

(WartaKominfo) – Sebanyak 300 paket sembako murah yang telah disediakan oleh panitia ...