web site hit counter
Home / Natuna News / Kabar OTG Positif Corona di Kabupaten Natuna, Disinformasi

Kabar OTG Positif Corona di Kabupaten Natuna, Disinformasi

Tgl Rilis: Friday, 5 June 2020 | 14:38

(wartaKominfo) – Baru-baru ini masyarakat Natuna dihebohkan dengan kabar adanya OTG yang berstatus positif Covid-19 di Kabupaten Natuna. Pasalnya, terdapat satu orang calon penumpang tak jadi diberangkatkan dari Natuna pada hari pertama moda transportasi berjalan. Calon penumpang berinisial Tn YA tersebut rapid testnya meragukan karena terbaca samar-samar.

Menyikapi kabar tersebut, Gugus Tugas Kabupaten Natuna memastikan kabar atau berita tersebut adalah Disinformasi. Pernyataan tersebut dituang dalam rilis Satgas Covid-19 Natuna pada (04/06) malam.

“Kami Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Natuna telah melakukan prosedur Protokol kesehatan terhadap seluruh penumpang moda transportasi udara yang berangkat dari Natuna mengunakan pesawat Wings Air pada kamis tanggal 4 Juni 2020. Dari total 36 orang yang mengajukan persyaratan keterangan sehat, memang ada 1 orang Tn YA, (43 THN) yang hasil Rapid testnya meragukan karena terbaca samar-samar sehingga belum bisa dipastikan Non Reaktif atau Reaktif” jelas Tim Gugus Tugas.

Lebih Lanjut, Juru Bicara Gugus Tugas Kabupaten Natuna, Hikmat Aliansyah mengatakan bahwa selain hasil test yang samar alias meragukan, Tn YA tidak mengalami keluhan apapun, pemeriksaan fisik dalam batas normal dan tidak ada riwayat perjalanan jauh selama 3 bulan.

“Keluhan tidak ada, pemeriksaan fisik dalam batas normal, riwayat perjalanan sudah 3 bulan bekerja di Teluk Buton (tidak ada riwayat keluar) riwayat kontak dengan orang dari luarpun tidak ada, dari hasil rapid testnya terdapat garis samar sehingga meragukan. Maka kecil sekali kemungkinan hasilnya reaktif, namun untuk lebih memastikan maka yang bersangkutan dilakukan swab dan karantina sampai hasil swab keluar “ terang Hikmat kepada pewarta Kominfo. (05/06).

Untuk itu tim Gugus tugas melakukan langkah-langkah diantaranya, berkonsultasi dengan Gugus tugas Provinsi Kepri dan dokter ahli untuk memastikan hasil rapit test Tn YA. Selanjutmya, mengambil swab Tn YA untuk dilakukan uji Swab PCR ke Batam dan melaksanakan langkah protokol kesehatan ketat terhadap Tn YA dan diisolasi di RSUD Natuna hingga hasil Swab PCR Keluar.

“Setelah berkoordinasi dengan gugus tugas propinsi Kepri, hasil semengtara Rapid test Tn YA dinyatakan NON Reaktif. Meskipun begitu sebagai langkah antisipasi protokol kesehatan dan prosedur uji swab (PCR) tetap dilaksanakan sesuai tahapan dengan persetujuan yang bersangkutan” kata Gugus Tugas.

Satgas Covid-19 kabupaten Natuna menghimbau masyarakat Natuna untuk tetap tenang, selalu berpikir positif dan patuh dengan semua himbauan pemerintah.

(Diskominfo/Fera)

Official Site Manager Natuna Regency Website
Jl. Batu Sisir - Bukit Arai, Gedung B Lantai II - P. Senoa, Ranai - Natuna 29783, Indonesia.
Email: natuna@natunakab.go.id, Telp: +62-773-31554, +62-773-31554.
x

Check Also

Aturan Penyelenggaraan Menikah Era New Normal

(WartaKominfo) – Juru Bicara Covid-19 Kabupaten Natuna menyatakan, pemerintah daerah telah menyiapkan ...