web site hit counter
Home / Natuna News / Karang Aji Direncanakan Jadi Daya Dorong Ekonomi

Karang Aji Direncanakan Jadi Daya Dorong Ekonomi

Tgl Rilis: Wednesday, 8 July 2020 | 11:16

NATUNA (HK) – Pulau Karang Aji, Kecamatan Serasan sedang diproses menjadi satu kawasan wisata. Lokasi itu direncanakan akan memiliki peran multi dalam upaya mendorong laju pergerakan ekonomi. Begitu disampaikan Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Natuna, Hardinansyah di tempat kerjanya, Selasa (7/7) melalui via telepon.

Ia menjelaskan, Karang Aji akan dikembangkan oleh pihak swasta dan investornya sudah mengatakan minat untuk berinvetasi wisata di Pulau Kecil itu. “Sekarang baru tahap cek lokasi, hasilnya Karang Aji dinyatakan layak sebagai kawasan wisata karena postur, letak dan sosionya mendukung,” terang Hardinansyah.

Ia melanjutkan, upaya pembukaan kawasan ini dilanjutkan dengan proses penyelesaian regulasi yang berkenaan dengan pengelolaan kawasan wisata seperti izin, tata ruang dan lingkungan hidup. “Adapun tahapan ini akan diurus dengan OPD – OPD terkait nanti,” sebutnya.

Hardinansyah mengaku yakin peran pulau itu nantinya akan sangat tinggi dalam hal pembangunan ekonomi lantaran kawasan tersebut bukan hanya mengusung peran kepariwisataan.

Berdasarkan rencana, Karang Aji juga akan berfungsi sebagai titik pasokan barang terutama sekali bahan pokok seperti sayur-sayuran, buah-buahan dan daging ternak untuk warga Serasan. “Kita sudah minta investornya melakukan itu dan mereka menyambutnya dengan baik,” ucapnya.

Selain keuntungan di atas, Karang Aji juga akan berperan menghidupkan kawasan-kawasan wisata lain yang ada di Serasan dan Serasan Timur sehingga wisatawan tidak hanya terkonsentrasi di Pulau Karang Aji.

Memang berdasarkan rencana kawasan itu tidak bisa diakses bebas oleh umum, tapi kita minta kepada mereka agar membuka kawasan umum juga di sebagian kawasannya. Dan mereka juga harus membuka akses bagi wisatawan yang kesana untuk mengunjungi dan menikmati tempat-tempat wisata lain yang ada di Serasan,” paparnya.

Begitu juga dengan keuntungan yang bisa menambah pendapatan daerah dapat dipastikan bisa terjadi apa bila kawasan wisata baru itu bisa berjalan.

Kita tentu juga akan dapat keuntungan dari sisi pendapatan pajak dan retrebusi. Maka kami berharap kawasan ini bisa segera dibuka dan berjalan lancar karena perannya akan cukup mumpuni menggerakkan ekonomi,” harapnya. (fat).

Official Site Manager Natuna Regency Website
Jl. Batu Sisir - Bukit Arai, Gedung B Lantai II - P. Senoa, Ranai - Natuna 29783, Indonesia.
Email: natuna@natunakab.go.id, Telp: +62-773-31554, +62-773-31554.
x

Check Also

Sosialisasi New Normal, Ngesti Sambangi Bunguran Batubi

Senin (03/08) lalu, Wakil Bupati Natuna, Ngesti Yuni Suprapti didampingi Wakil Ketua ...