Home / Natuna News / Kemendikbud RI : Peran Teknologi Menjadi Utama Dalam Proses Pembelajaran dimasa Pendemi

Kemendikbud RI : Peran Teknologi Menjadi Utama Dalam Proses Pembelajaran dimasa Pendemi

(wartaKominfo) – Tahun lalu kita semua tersandung dengan adanya covid 19 dimana Guru-guru dari sabang sampai merauke terpukul, secara ekonomi, kesehatan, dan terpukul secara batin. Meraka mau tidak mau mendatangi rumah-rumah pelajar untuk memastikan mereka tidak ketinggalan pelajaran, mau tidak mau mempelajari teknologi yang belum pernah mereka kenal, menyederhanakan kurikulum untuk memastikan murid mereka tidak belajar dibawah tekanan.

Hal tersebut disampaikan oleh Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Republik Indonesia Nadiem Anwar Makarim dalam upacara Peringatan Hari Guru Nasional, bertempat di Halaman Kantor Kemendikbudristek Senayan, Jakarta, 25/11/2021.

Dalam kata sambutannya Nadiem Anwar Makarim  menyampaikan peran teknologi sangat penting dalam pembelajaran dimasa pandemi.

“Peran dalam penguasaan perkembangan teknologi sangat lah penting di masa pandemi ini, karena pasca pandemi murid dan guru di tuntut untuk belajar memahami teknologi agar proses pembelajaran bisa berjalan dengan lancar, oleh karena itu peran teknologi sangat lah penting”. Ujar Nadiem Anwar Makarim

Selanjutnya Nadiem Anwar Makarim menambahkan guru-guru melihat pembelajaran jarak jauh membuat murid kehilangan kedisiplinan, dan banyak guru-guru mengalami tekanan ekonomi.

“Guru-guru melihat murid mereka semakin hari, semakin besar, semakin kesepian dan kehilangan disiplin, karena pembelajaran jarak jauh banyak guru mengalami tekanan ekonomi untuk memperjuangkan keluarga mereka agar bisa makan sangat wajar jika dalam situasi ini banyak yang terjadi”. Ujar Nadiem Anwar Makarim.

Nadiem Anwar Makarim juga mengatakan dengan keterbatasan guru tetap semangat dalam bekerja.

“Walaupun dalam kondisi keterbatasan guru tetap semangat mengajar murid-muridnya, kondisi ini membuat para guru terus berupaya untuk beradaptasi dengan situasi, kondisi, serta sistem belajar-mengajar, guna membantu dan mengantar para murid ke gerbang pintu masa depan dengan ilmu pendidikan yang bermanfaat”.Ungkapnya

Selain itu Nadiem Anwar Makarim mengatakan Pandemi memberikan hikmah untuk kita dalam melaksanakan tugas sebagai tenaga pendidik.

“Pandemi merupakan ujian hebat yang mengajak kita untuk memetik hikmah terkait dengan pendidikan. Guru-guru Indonesia giat dan aktif mencari solusi terbaik demi berlangsungnya pembelajaran di masa pandemi. Sikap-sikap positif ini dan semangat pantang menyerah adalah sebuah keteladanan untuk anak-anak kita, murid-murid kita, para penerus bangsa”.

“Dengan karakter yang sabar dan pantang menyerah dalam pendidikan, semoga kita bisa bergerak menuju energi positif, menjadi pribadi yang baik, berpengetahuan, dan punya keterampilan yang dapat diandalkan dalam kehidupan sehari-hari”. Terangnya

Di akhir sambutannya Nadiem Anwar Makarim mengapresiasi tenaga pendidik, pemerintah dan orang tua dalam memajukan pendidikan Nasional.

“Saya ingin memberikan apresiasi setinggi-tingginya kepada semua guru, tenaga kependidikan, pemerintah daerah, para pemangku kepentingan pendidikan yang telah menciptakan perubahan dan inovasi yang sangat luar biasa”.

“Dengan semangat juang yang tinggi dan kesabaran Bapak dan Ibu guru semua, pembelajaran tetap terus berjalan meski dengan segala keterbatasan”.

“Sekarang, para orang tua semakin sadar akan pentingnya membimbing anak di rumah. Para guru semakin sadar akan pentingnya teknologi sebagai akselerator pendidikan, dan semua orang mungkin sudah mulai sadar bahwa pendidikan adalah investasi berharga di dunia pendidikan”. Tutupnya

Diskominfo/Sadria

x

Check Also

Tembus Rp1,040 T, Pendapatan APBD Natuna 2022 Masih Didominasi Transfer Pusat

MEDIAKEPRI, DPRD Natuna menggelar Rapat Paripurna dengan agenda Penyampaian Pendapat Akhir Fraksi-fraksi DPRD Kabupaten Natuna tentang ...