web site hit counter
Home / Natuna News / Kemenko Polhukam Mengadakan Rakor Inovasi Aplikasi Pelayanan Publik

Kemenko Polhukam Mengadakan Rakor Inovasi Aplikasi Pelayanan Publik

Tgl Rilis: Kamis, 25 Juli 2019 | 14:16

(WartaKominfo) – Dalam memenuhi kebutuhan Pelayanan Publik (PP) yang maksimal kepada masyarakat, pemerintah dalam hal ini baik pemerintah pusat, pemerintah provinsi dan pemerintah Kabupaten/Kota dituntut untuk mengembangkan berbagai inovasi pelayanan publik yang berbasis digital atau elektronik sehingga dapat membantu memudahkan bagi masyarakat dalam berurusan.

Sebagai bentuk upaya pencapaian itu, melalui Rapat Koordinasi bersama Kementerian Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan Republik Indonesia (Menko Polhukam RI) di Ruang Rapat Lantai 2 Kantor Bupati Natuna (24/07), pemerintah Kabupaten Natuna sampaikan beberapa inovasi pelayanan publik di kabupaten Natuna yang sudah dijalankan oleh pemerintah kabupaten Natuna dalam memenuhi kebutuhan masyarakat.

Terkait dengan pelayanan publik di Natuna, yang menjadi poin penting dilaksanakannya Rakor Kemenko Polhukam RI dengan Pemkab Natuna tersebut adalah tentang Aplikasi SP4N Lapor, Mall Pelayanan Publik, dan Kompetensi Inovasi Pelayanan Publik.

Dalam mengawali rapat, Sekretris Daerah Kabupaten Natuna Wan Siswandi secara umum menjelaskan terkait dengan Aplikasi SP4N Lapor, Mall Pelayanan Publik dan beberapa inovasi pelayanan publik yang telah dijalankan di beberapa lembaga instansi pemerintah kabupaten Natuna seperti.

“Ada beberapa bentuk inovasi yang sudah kita buat seperti dibagian keuangan ada INFIS yaitu sistem keuangan yang terintegrasi. Selain itu ada pelayanan di bidang kependudukan seperti Salam 30 menit, Satu Jam Lahir atau Jadi, Kampung Tertib Administrasi, Pak Malau, Jebol Rumah, dan Go Digital” terang Siswandi dalam membuka rapat.

Selain itu, untuk memberikan gambaran lebih jelas terkait dengan beberapa inovasi- inovasi pelayanan publik yang ada di Kabupaten Natuna, Wan Siswandi meminta kepada pimpinan instansi terkait yang hadir dalam rakor tersebut untuk menyampaikan secara lebih mendetil apa yg telah dijalankan di Kabupaten Natuna tentang pelayanan publik.

Selanjutnya, dari hasil beberapa penyampaian tentang pelayanan publik yang ada di Kabupaten Natuna, pihak Kemenko Polhukam RI memberikan apresiasi terhadap pemerintah Kabupaten Natuna. Meskipun Natuna adalah Kabupaten yang jauh dari pemerintah pusat, namun perkembangan inovasi pelayanan publiknya lebih cepat maju dari pada beberapa Kabupaten/Kota yang berada dekat dengan pemerintah pusat.

“Dari apa yang telah disampaikan, ternyata begitu banyak hasil inovasi pelayanan publik yang sudah dibuat. Meskipun Natuna itu jauh dari pemerintah pusat namun inovasinya lebih dulu berkembang dari daerah yang dekat dengan pemerintah pusat. Jadi kami mengucapkan terimakasih atas pelayan yang sudah diberikan” tutur Johana Novita Kepala Bidang Peningkatan Pelayanan Barang dan Jasa Asisten Deputi Koordinator Pelayanan Publik Kemen Polhukam RI .

Melalui sharing informasi atau rakor tersebut diharapkan dapat menemukan permasalahan dan kendala yang selanjutnya akan digunakan sebagai laporan dan rekomendasi kepada Menteri Koordinator Polhukam RI sebagai dasar untuk pengambilan keputusan lebih lanjut. (Diskominfo/Mardi)

Official Site Manager Natuna Regency Website
Jl. Batu Sisir - Bukit Arai, Gedung B Lantai II - P. Senoa, Ranai - Natuna 29783, Indonesia.
Email: natuna@natunakab.go.id, Telp: +62-773-31554, +62-773-31554.
x

Check Also

Wan Siswandi Pimpin Rapat Focus Group Diskussion (FGD)

Sekretaris Daerah Kabupaten Natuna, Wan Siswandi, S.Sos. M.Si., gelar Rapat Focus Group ...