Home / Natuna News / Kementerian Komunikasi dan Informatika Canangkan Agenda Digital Economy Working Grup (DEWG)

Kementerian Komunikasi dan Informatika Canangkan Agenda Digital Economy Working Grup (DEWG)

(wartaKominfo) – Kementerian Komunikasi dan Informatika menyiapkan agenda Digital Economy Working Grup (DEWG) sebagai bentuk dukungan pada Presidensi G20 Indonesia Tahun 2022. Sekretaris Jenderal Kementerian Kominfo sekaligus Chair Digital Economy Working Group (DEWG) G20 2022, Mira Tayyiba mengatakan bahwa working group DEWG akan membahas tiga isu prioritas yang akan disampaikan pada KTT (konferensi tingkat tinggi) G20 pada November 2022 mendatang.

“Pertama, konektivitas digital dan pemulihan pasca covid, Ini bukan masalah ketersediaan akses saja, tapi menciptakan digital yang aman, produktif, membangun fairplay untuk penyelenggara dan resilience infrastructure “ ungkapnya Dalam acara Sofa Talk Series dengan tema Rangkaian Agenda Isu Digital dalam Presidensi G20 Indonesia, yang dilasanakan secara virtual pada jumat 04 maret 2022.

“Kedua, mengenai kecakapan digital dan literasi digital. Kita harus pastikan yang mengakses ini bisa memanfaatkannya. Bagaimana kita memperkuat literasi digital agar penggunaannya produktif dan menciptakan suatu nilai. Ketiga arus data lintas negara. Ini isu strategis. Konsekuensi berkembangnya kegiatan di ruang digital, maka akan menghasilkan banyak data, bahkan di tingkat global “ lanjut Mira.

Selanjutnya Dedy Permadi sebagai staff khusus kementerian yang juga sebagai co chair Digital Economy Working Group (DEWG) G20 2022, menyampaikan bahwa secara visual yang akan menggambarkan transformasi digital Indonesia, kegiatan tersebut bukan show kominfo tapi adalah show terkait perkembangan Indonesia yang memiliki optimis. Ini menunjukan bahwa teknologi digital kita membawa beragam perubahan ke arah yang lebih baik.

Dan yang terakhir adalah arus data lintas negara. Ini menjadi isu strategis karena adanya konsekuensi dari berkembangnya aktivitas di ruang digital, maka akan menghasilkan banyak data. Acara ini akan dilaksanakan pada November mendatang sejalan dengan kegiatan Leader summit dimana bertemunya pimpinan dunia.

Working group DEWG sendiri akan dilaksanakan di lima kota mulai dari Jakarta, Lombok, Yogyakarta, Labuan Bajo, dan Bali. Lombok sendiri merupakan pertemuan pertama dari working group DEWG. Pertemuan kedua dan ketiga working group DEWG akan dilakukan di Yogyakarta dan Labuan Bajo, sementara Bali akan menjadi pertemuan para Menteri Komunikasi dan Informatika G20.
Diskominfo/Patli

x

Check Also

Bupati Natuna dan Ketua PKK Natuna Lantik Ketua TP. PKK Kecamatan Bunguran Timur Laut .

(wartaKominfo) – Kamis 30 Juni 2022, Ketua PKK Kabupaten Natuna Secara Resmi ...