Home / Natuna News / Pemda Natuna Launching Aplikasi SIPENTING NATUNA, Guna Cegah Angka Stunting di Kabupaten Natuna

Pemda Natuna Launching Aplikasi SIPENTING NATUNA, Guna Cegah Angka Stunting di Kabupaten Natuna

(wartaKominfo) – Pemerintah Daerah Kabupaten Natuna secara resmi melaunching aplikasi Sipenting Natuna (Sistem Informasi Perencanaan Terpadu Cegah Stunting) dan Sosialisasi Peraturan Bupati No. 47 Tahun 2023 Tentang Percepatan Penurunan Stunting disejalankan dengan Rapat Koordinasi Tim Percepatan Penurunan Stunting bertempat di Ruang Rapat Lantai ll Kantor Bupati Natuna, Senin, 27/11/2023.

Dalam sambutannya Bupati Natuna Wan Siswandi menyampaikan bahwa permasalahan stunting adalah hal serius dan perhatian utama dalam menunjukkan pembangunan daerah.

Berbicara tentang stunting ini merupakan hal penting yang harus kita bicarakan karena ini adalah amanat presiden kita dimana arahan presiden tingkat prevalensi stunting ini harus rendah di seluruh wilayah Indonesia, angka stunting ini ad”alah hal utama dalam menunjukkan pembangunan daerah”. Pungkasnya

Wan Siswandi juga menyampaikan apresiasi terhadap inisiasi aplikasi Sipenting yang digagas oleh Project Leader Kepala Barenlitbang Kabupaten Natuna, Moestafa Albakry yang merupakan bukti keseriusan pemerintah daerah dalam memudahkan dalam mengkoordinasikan, menskronisarikan dan memastikan pelaksanaan program kegiatan percepatan penurunan stunting antar organisasi perangkat daerah dan pemerintahan desa.

“Saya sangat mengapresiasi dengan adanya inisiasi aplikasi Sipenting (sistem informasi perencanaan terpadu cegah stunting) ini adalah bukti keseriusan pemerintah dalam mencegah angka stunting di Kabupaten Natuna”. Ucapnya

Bupati Natuna Wan Siswandi menyampaikan harapan lauching aplikasi ini bukan hanya seremonial tapi butuh implementasi dari inovasi tersebut pada masyarakat. Juga diharapkan Peraturan Bupati yang telah disusun menjadi payung hukum dalam pelaksanaan percepatan penurunan stunting di Kabupaten Natuna.

“Dalam kegiatan hari ini bukan hanya seremonial atau pernyataan sikap, tapi melalui kegiatan ini adalah implementasi dari inovasi yang kita buat di mana nanti akan memberikan manfaat bagi masyarakat terutama di kelurahan dan desa. Semoga aplikasi bisa bermanfaat sehingga bisa menjadi alat bagi kita untuk menata dan menyajikan data kepada pimpinan terkait angka stunting”. Jelasnya

Dalam kesempatan yang sama Kepala Barenlitbang Kabupaten Natuna, Bapak Moestofa Albakry sebagai Project Leader menyampaikan tujuan dari pembangunan SIPENTING NATUNA adalah sebagai upaya meningkatkan kooridinasi, sinkronisasi serta pelaksanaan pemantauan program percepatan penurunan stunting menjadi keharusan dalam mendukung mewujudkan Reformasi Birorasi berdampak khususnya pada sinergisitas kebijakan penanganan stunting di pemerintah daerah.

Dalam kegiatan ini juga turut hadir TA Kemendagri Regional Medan, Bapak Rizal Efendy yang menyampaikan penguatan kelembagaan TPPS (Tim Percepatan Penurunan Stunting) dalam percepatan penurunan stunting Kabupaten Natuna dari TPPS Kabupaten, TPPS Kecamatan dan TPPS Desa/Kelurahan.

Turut hadir dalam acara tersebut Sekretaris Daerah Kabupaten Natuna, Wakil Bupati Natuna, Kepala Badan dan Kepala OPD Kabupaten Natuna, Camat Bunguran Timur, Camat Bunguran Timur Laut, Camat Bunguran Selatan, Serta hadir secara virtual perwakilan dari setiap Kecamatan.

Diskominfo/ Sadria

x

Check Also

Meriahkan HUT WIDAMSAR, Sekda Natuna Ikuti Senam Bersama Masyarakat Natuna

(wartaKominfo) – Usai menghibur masyarakat Natuna dengan mendatangkan artis Ibukota pada Sabtu, ...