web site hit counter
Home / Natuna News / Musrenbangda Kabupaten Natuna Tahun 2010

Musrenbangda Kabupaten Natuna Tahun 2010

Tgl Rilis: Thursday, 18 March 2010 | 03:09

Untuk melaksanakan pembangunan yang merata dibutuhkan perencanaan yang matang, terperinci, melibatkan segala potensi dan sumberdaya yang berkompeten serta pengawasan yang ketat. Untuk itu dibutuhkan sebuah forum mediasi yang agar segala petimbangan disegala bidang dapat dipadukan dan menciptakan solusi guna meminimalisir kesalahan dalam perencanaan pembangunan sehingga anggaran yang dialokasikan dapat diserap secara optimal demi peningkatan mutu pembangunan dan kesejahteraan yang merata bagi masyarakat.

Demikian disampaikan Plt. Bupati Natuna, Drs. H. Raja Amirullah,Apt dalam sambutannya ketika membuka Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Kabupaten Natuna, di Asrama Haji Komplek Natuna Gerbang Utaraku, Rabu (17/03) pagi. Menurutnya, untuk menghasilkan perencanaan yang tepat dan terperinci, pihak yang haruslah mengetahui kondisi riil masyarakat, kebutuhan dan segala potensi yang ada. Hal ini dikatakan mengingat pelaksanaan pembangunan yang telah dilakukan sebelumnya tidaklah menyerap aspirasi kebutuhan masyarakat secara optimal, bahkan kegiatan Musrenbang terkesan hanya sekedar seremonial belaka demi memenuhi persyaratan yang diamanatkan oleh peraturan perundang-undangan, melainkan diharapkan musrenbang hendaknya dapat menampung aspirasi pembangunan yang merupakan kebutuhan masyarakat serta mempertimbangkan skala prioritas pembangunan demi menunjang peningkatan kesejahteraan masyarakat secara merata.

Untuk itu, pelaksanaan musrenbang kali ini perlu adanya pengawasan dari pihak Legislatif sehingga pada pengesahan anggaran, kegiatan – kegiatan yang diusulkan tidak lari dari hasil musrenbang kali ini. Namun segala usulan pembangunan hendaknya selalu didasari beberapa hal tolok ukur keberhasilannya. Diantaranya harus memberdayakan pihak – pihak yang tepat dan bertanggungjawab dalam pelaksanaannya, selalu menerapkan prinsip pemecahan permasalahan dengan teknik ilmiah dan realistik, tidak membiasakan berasumsi melainkan berupaya mengumpulan data, menganalisa dalam mengambil keputusan serta harus ada langkah evaluasi. Sehingga segala potensi yang ada, dapat diberdayakan secara lebih optimal.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Bappeda Provinsi Kepulauan Riau yang diwakili oleh Kepala Bidang Pemerintahan, Sardison mengatakan bahwa perencanaan pembangunan Kabupaten Natuna hendaknya selalu disinergikan dengan konsep pembangunan Provinsi Kepri dan Pemerintah Pusat sehingga perencanaan tersebut akan selalu memiliki relevansi dan diharapkan memberikan dampak positif bagi kemajuan pembangunan secara menyeluruh. Untuk itu, Pemerintah Provinsi Kepri telahpun merumuskan beberapa prioritas pembangunan yang diantaranya :

1. Meningkatkan akses pelayanan bidang kesehatan, pendidikan, pembenahan infrastruktur dasar dan ketersediaan transportasi yang memadai.
2. Peningkatan ekonomi kerakyatan dengan mengoptimalkan pemberdayaan potensi perekonomian rakyat.
3. Optimalisasi peranan pemerintahan desa dan kecamatan
4. Pembenahan kebutuhan dasar masyarakat yang meliputi ketersediaan energy listrik dan air bersih. (Harsono/Alex)

Sumber : Bagian Umum Setda Kab. Natuna (18/03/2010)

Official Site Manager Natuna Regency Website
Jl. Batu Sisir - Bukit Arai, Gedung B Lantai II - P. Senoa, Ranai - Natuna 29783, Indonesia.
Email: natuna@natunakab.go.id, Telp: +62-773-31554, +62-773-31554.
x

Check Also

Sosialisasi New Normal, Ngesti Sambangi Bunguran Batubi

Senin (03/08) lalu, Wakil Bupati Natuna, Ngesti Yuni Suprapti didampingi Wakil Ketua ...