Home / Natuna News / Wakil Bupati Natuna Buka Pelatihan Sagu Saku (Gerakan Menulis Satu Guru Satu Buku

Wakil Bupati Natuna Buka Pelatihan Sagu Saku (Gerakan Menulis Satu Guru Satu Buku

(wartaKominfo) – Pemerintah kabupaten Natuna terus memberikan atensi terhadap dunia pendidikan khususnya untuk kegiatan literasi.

Sabtu, 4 November 2023. Wakil Bupati Natuna secara resmi membuka Pelatihan Menulis Buku Ber ISBN Praktik Baik Merdeka Belajar Sagu Saku (Gerakan Menulis Satu Guru Satu Buku untuk para guru di Natuna bertempat di Gedung Dinas Perpustakaan Dan Kearsipan Daerah Jl. Kol Pnb Sihotang Kelurahan Batu Hitam Kec.Bunguran Timur.

Dalam laporan panitia yang disampaikan oleh Fauzan Masri menyampaikan sagu-saku merupakan sebuah program yang digagas ikatan guru Indonesia dan bekerjasama dengan Perpustakaan Nasional kemudian diajukan pengurus wilayah dan daerah di seluruh kabupaten/kota.

Kegiatan SAGU SAKU pada tahun 2023 merupakan kegiatan angkatan kedua dan diikuti oleh sekitar 61 orang peserta Guru SD, SMP dan SMA yang ada di Kabupaten Natuna.

Wakil Bupati Natuna dalam sambutannya mengungkapkan guru mempunyai tanggung jawab moral yang sangat penting untuk memberikan pengetahuan pembelajaran yang baik kepada para siswa-siswa di sekolahnya. Oleh karena itu guru-guru ini selalu ikut perkembangan, wawasan harus luas, pengetahuan harus lebih hebat lagi banyak nembaca dan banyak literatur serta referensi yg baik, jadi apabila ada pertanyaan dari orang tua murid pertanyaan dan siswa para guru bisa menjawab dengan baik dan benar.

“Tingkatkan wawasan yang tinggi bagi para guru agar bisa menyampaikan perkembangan-perkembangan terkini terkait dengan situasi di daerah yang terjadi kepada para siswa-siswi,” ujar Wakil Bupati Rodhial.

Mengingat kegiatan literasi di Kabupaten Natuna masih minim, dengan kegiatan SAGU SAKU merupakan kiat untuk membudayakan budaya menulis terutama di kalangan guru.

Pria yang akrab disapa Wak Yal juga mengapresiasi Kepala Dinas perpustakaan yang sangat paham dalam menjalankan visi misi peningkatan sumber daya manusia dimana bisa menggerakkan orang menjadi pandai dan semangat belajar .

Kepala Dinas Perpustakaan Dan Kearsipan Daerah Erson Gempa Apriandi dalam kesempatan yang sama juga menuturkan tujuan yang akan kita capai dalam kegiatan ini adalah untuk meningkatkan tingkat literasi di Kabupaten Natuna, terus memberikan pelatihan menulis kepada guru-guru Natuna untuk mahir dalam menulis

Selain itu kegiatan ini dimaksudkan untuk menambah keterampilan dan kemahiran dalam membuat buku, baik terkait persoalan dilingkungan pekerjaannya maupun menulis buku tentang Natuna.

Kegiatan sagu saku ini merupakan juga program dari dinas perpustakaan dan kearsipan daerah kolaborasi dengan IGI kabupaten Natuna dan tindak lanjut Perjanjian Kerjasama (PKS) Disperpusip dan PGRI Tahun 2023 .

Erson juga menambahkan tahun ini ada Program Bimtek Akreditasi Perpustakaan Sekolah yang nantinya akan menurunkan tim untuk membenahi Pustaka disekolah untuk meningkatkan literasi anak didik kita.

Selanjutnya pemberian buku hasil kegiatan Sagu Saku Angkatan I dilanjutkan dengan pemberian piagam penghargaan kepada penulis buku Sagu Saku.

Diskominfo/Dani

x

Check Also

Meriahkan HUT WIDAMSAR, Sekda Natuna Ikuti Senam Bersama Masyarakat Natuna

(wartaKominfo) – Usai menghibur masyarakat Natuna dengan mendatangkan artis Ibukota pada Sabtu, ...