Home / Natuna News / Natuna Upayakan E-Marketing untuk jangkau Pasar Produk UMKM yang Lebih Luas

Natuna Upayakan E-Marketing untuk jangkau Pasar Produk UMKM yang Lebih Luas

Dalam mendukung terwujudnya visi dan misi pembangunan daerah menuju Masyarakat Natuna yang Cerdas dan Mandiri dalam Kerangka Keimanan dan Budaya Tempatan, Dinas Perindustrian dan Dagangangan, Koperasi dan Usaha Mikro telah menetapkan salah satu strategis dibidang pengembangan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) tempatan bagi meningkatkan peran masyarakat dalam perekonomian daerah khususnya.

Hal ini dijelaskan Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan, Koperasi dan Usaha Mikro Kabupaten Natuna, Helmi Wahyuda ketika ditemui di Ruang Kerjanya, Komplek Perkantoran Gedung Cepala, Jalan Batu Sisir Bukit Arai, Ranai, selasa (23 /10) pagi.

Kadis Perindagkop & UM yang akrab disapa Yuda tersebut menjelaskan bahwa salah satu tugas Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang dipimpinnya adalah menetapkan strategi pemberdayaan masyarakat khususnya bagi meningkatkan pertumbuhan ekonomi dibidang usaha mikro yang dirasa saat ini masih belum optimal.

Menurut Yuda, guna mendukung program diatas, terdapat beberapa program kerja yang diselenggarakan, diantaranya dengan membangun fasilitas Rumah Kemasan bagi UMKM dimana menyediakan pelayanan fasilitasi bagi perbaikan kemasan produk, akses mendapatkan Izin Produksi dan Pengemasan Produk untuk dikirim ke pembeli.

Fasilitas diatas dibangun dengan tujuan untuk meningkatkan mutu produksi maupun kemasan yang pada gilirannya dapat menciptakan produk yang bernilai jual tinggi dan mampu bersaing dengan berbagai produk lainnya dari berbagai daerah lain.

Namun Yuda juga menyadari bahwa proses pemasaran yang dilakoni para pelaku UMKM di daerah saat ini lebih cenderung menggunakan cara lama, yaitu dengan dijajakan secara langsung maupun dititipkan di toko-toko yang menyebabkan luas pemasaran menjadi terbatas hanya dalam lingkup dalam daerah.

Menyikapi kondisi diatas, Yuda beranggapan bahwa sudah saatnya upaya pemasaran produksi UMKM dapat menggunakan media teknologi informasi berupa sistem pemasaran secara online (E-Marketing), yang dirasa akan berimbas pada peningkatan nilai penjualan, karena lingkup pemasaran menjadi lebih luas. Tidak hanya terbatas dalam lingkup pasar nasional, tetapi juga akan mampu menjangkau pasar global.

Untuk mewujudkan hal diatas, Disperindagko&UM telah menerapkan pola kemitraan dengan Rumah Kreatif BUMN (Telkom) yang saat ini berperan sebagai Agent Of Development, dimana salah satu fungsinya adalah sebagai penyedia fasilitas E-Marketing.

Adapun sarana dan prasarana yang disediakan oleh rumah Kreatif BUMN Telkom saat ini meliputi Jaringan Internet, tempat registrasi produk atau toko onlinepada sistem aplikasi blanja.com dan fasilitas Display Produk(Photo Produk).

Mengakhiri wawancara, Yuda sangat berharap agar kedepan Rumah Kreatif BUMN maupun Rumah Kemasan benar-benar mampu mengakomodir berbagai upaya mengembangkan sektor UMKM sebagai salah satu bentuk program peningkatan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat di daerah.

(Humas_Pro/Axy/Alex)

x

Check Also

Wagub Kepri Resmi Buka MTQ Tingkat Kabupaten Natuna Ke XI

(wartaKominfo) – Bertempat di halaman Masjid Agung Natuna sekaligus Islamic Center, Wakil ...