web site hit counter
Home / Natuna News / Operasi Patuh Seligi Meningkatkan Kesadaran Masyarakat Berlalu lintas.

Operasi Patuh Seligi Meningkatkan Kesadaran Masyarakat Berlalu lintas.

(WartaKominfo) – Tingginya angka kecelakaan lalu lintas, merupakan salah satu dasar dilaksanakannya operasi patuh seligi 2019 untuk para pengguna kendaraan bermotor, yang sebagaimana sedang dilaksanakan secara serentak di seluruh indonesia pada tanggal 29 Agustus s/d 11 September 2019 mendatang. Hal itu disampaikan oleh PS. Kanit Dikyasa Polres Natuna Bripka Endrianto pada Dialog Interaktif KOPI PAGI RRI Ranai, Juma’at (06/09).

“Yang mendasari Operasi Patuh Seligi ini salah satunya adalah karena masih tingginya angka kecelakaan di masyarakat. Selain itu juga karena masih banyaknya masyarakat yang belum memahami atau mematuhi peraturan lalu lintas meskipun dengan telah diberikan himbauan” ujar Hendrianto.

Tujuan dilaksanakannya Operasi tersebut merupakan untuk meningkatkan ketertiban dan kepatuhan masyarakat berlalu lintas di jalan raya dengan sasaran target utama yaitu pengemudi di bawah umur, pengemudi melawan arus, pengemudi kendaraan bermotor roda dua yang berboncengan lebih dari satu orang, pengemudi yang tidak menggunakan helm yang berstandar SNI, pengemudi dalam keadaan pengaruh obat-obatan dan miras, pengemudi yang menggunakan Handpone saat berkendara, serta pengemudi dengan kecepatan tinggi yang melebihi batas kecepatan yang telah ditentukan dan pengemudi kendaraan roda empat yang tidak menggunakan safty well.

Selain itu, operasi tersebut juga merupakan sebuah edukasi serta meningkatkan kesadaran bagi masyarakat dalam menggunakan kendaraan di jalan raya agar tertib administrasi pengendara seperti memiliki Surat Izin Mengemudi (SIM), Lengkapi Surat-surat Kendaraan, serta hal lainnya yang mendukung keselamatan seperti penggunaan helm dan kondisi kelayakan kendaraan.

Juga dalam acara KOPI PAGI, Kepala UPT Pelayanan Pajak Daerah Natuna Alpiuz Zamari mengatakan , di Natuna kesadaran masyarakat untuk tertib administrasi kendaraan menunjukkan hasil yang lumayan signifikan. Kesadaran masyarakat Natuna untuk mematuhi aturan seperti perpanjangan STNK dan pembayaran pajak kendaraan tiap tahunnya ada peningkatan. Namun juga masih terdapat beberapa yang masih menganggap sepele dengan menempo waktu pembayaran pajak sehingga lama kelamaan mulai merasa berat karena jumlahnya semakain besar.

Selain Surat Kendaraan, sesuatu hal yang sering kurang disadari oleh masyarakat dalam berkendara dalah menggunakan helm, menurut Zamari, hal inilah yang harus selalu di ingatkan atau disosialisasikan kepada masyarakat bahwa penggunaan helm itu wajib bagi pengendara kendaraan roda dua untuk menjaga keselamatannya sendiri.

“Alhamdulillah untuk peningkatan sudah ada, cuma terkadang kita juga lihat kesadaran masyarakat itu untuk memakai helm itu sangat kurang. Padah itu kan bukan untuk kepolisian, melainkan untuk keselamatan si pengendara itu sendiri” tutur Zamari.

Untuk kedepannya, selain dari delapan target sasaran dalam operasi patuh seligi ini, satu sasaran yang menjadi perhatian adalah penertiban terhadap kendaraan mobil bak terbuka untuk menutup bak tersebut ketika sedang mengangkut barang. Hal itu disampaikan oleh Kabid Perhubungan Darat Dinas Perhubungan Kabupaten Natuna Wan Abdul Halim juga dalam acara KOPI PAGI. Ia mengatakan saat ini pihaknya sudah mengirimkan surat dan berkoordinasi kepada pihak Polres Natuna khususnya di bagian Satlantas, untuk opersi kedepannya menambah sasaran lg terkait dengan tersebut.

Selain Koordinasi kepada pihak Polres Natuna, Dishub Natuna juga telah mnyampaikan surat serta mensosialisasikan kepada para sopir kendaraan bak terbuka tersebut untuk tertib mematuhi aturan tersebut guna menjaga keamanan dan kenyamanan terhadap pengguna jalan lainnya.
(Diskominfo/Mardi)

Official Site Manager Natuna Regency Website
Jl. Batu Sisir - Bukit Arai, Gedung B Lantai II - P. Senoa, Ranai - Natuna 29783, Indonesia.
Email: natuna@natunakab.go.id, Telp: +62-773-31554, +62-773-31554.
x

Check Also

Landmark Pantai Kencana diharapkan dapat Dukung Geopark Natuna

Pemerintah Kabupaten Natuna menggelar Rapat Terbatas bagi membahas usulan CSR Hulu MIgas ...