Home / Natuna News / Pelatihan Sistem Mutu Dan Penerapan Sertifikasi Produk

Pelatihan Sistem Mutu Dan Penerapan Sertifikasi Produk

(wartaKominfo) – Senin, 11 September 2023. Wakil Bupati Natuna, Rodhial Huda secara resmi membuka kegiatan pelatihan sistem mutu dan penerapan sertifikasi produk yang diselenggarakan di Hotel Trend Sentral Natuna.

Dalam kegiatan ini, pelaku usaha difasilitasi dalam pembuatan sertifikasi halal yang secara hukum serta tujuan dari kegiatan ini untuk memberikan kesempatan dan peluang pada UKM untuk meningkatkan produk baik secara legalitas dan afiksasi sehingga dapat menambah kepercayaan konsumen pada UKM yang ada di kabupaten Natuna.

Peserta terdiri dari pelaku usaha pengolahan hasil laut dan pengolahan keripik dan kerupuk sebanyak 20 orang dan pelaksanaan kegiatan dilaksanakan selama 4 hari (11 – 14 September 2023).

Wakil Bupati Natuna, Rodhial Huda dalam arahannya menuturkan kegiatan ini merupakan salah satu upaya Pemerintah Kabupaten Natuna dalam rangka meningkatkan pangsa pasar dan daya saing bisnis, sekaligus menjadikan produk IKM mempunya kualitas yang baik sesuai dengan standar yang ada di Indonesia.

Selanjutnya pengembangan dan penguatan perekonomian masyarakat memang senantiasa menjadi fokus pemerintah Kabupaten Natuna, dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

“Pembinaan dan pengembangan industri kecil dan menengah perlu ditingkatkan dan menjadi kerja nyata Pemkab. Natuna,” jelas Rodhial

Wakil Bupati menambahkan dalam hal ini menjadi rencana kerja Dinas Perindustrian, Perdagangan Koperasi dan Usaha mikro sejalan dengan pembangunan sentra IKM yang telah ada di Natuna.

Lebih lanjut Rodhial menekankan pemberdayaan industri kecil dan menengah di Kabupaten Natuna memerlukan kontribusi yang sinergis dari berbagai stakeholder seperti OPD yang terkait seperti BUMN, perbankan distributor retail. Sinergitas ini diharapkan akan menuntun pemberdayaan usaha mikro kecil dan menengah untuk membawa kebermanfaatan yang lebih luas dan memberikan multiplier efek agar naik kelas.

Dalam kegiatan ini output yang ingin dihasilkan antara lain memberikan kesempatan kepada pelaku usaha untuk mendapatkan sertifikat iso 9000 seta mampu meningkatkan usaha dan berdaya saing tinggi.

Diskominfo/Dani

x

Check Also

Bimbingan Teknis Perizinan Berusaha Dan Pengawasan Perizinan Online

(wartaKominfo) – Salah satu langkah yang dilaksanakan pemerintah Kabupaten Natuna dalam meningkatkan ...