web site hit counter
Home / Natuna News / Pemda Natuna Masih Upayakan Alat Tes PCR Untuk Mendeteksi Covid-19

Pemda Natuna Masih Upayakan Alat Tes PCR Untuk Mendeteksi Covid-19

Tgl Rilis: Tuesday, 7 July 2020 | 13:58

(wartaKominfo) – Pemerintah Kabupaten Natuna sedang mengupayakan untuk pengadaan alat PCR yang bersumber dari APBD Kabupaten Natuna. Pengadaan alat untuk mendeteksi virus corona, Polymerase Chain Reaction (PCR) atau sering kita dengar dengan Swab Test tersebut diusahakan untuk mempercepat hasil test Covid-19.

Hal tersebut dinyatakan oleh Juru Bicara (Jubir) Penanganan Covid-19 Kabupaten Natuna, Hikmat Aliansyah. Setelah sebelumnya ia juga mengabarkan bahwa Natuna sedang menunggu pihak Kemenkes untuk datang ke Natuna dalam rangka menginstal Mesin Tes Cepat Molekuler untuk TBC (TCM-TB) yang juga bisa mendeteksi covid-19.

“Natuna ada alat TCM atau alat periksa bakteri TB yang akan diinstal oleh Kemenkes untuk bisa periksa PCR. Sudah lama mereka mau datang ke Natuna untuk menginstal alat tersebut. Tapi Karena pesawat tidak ada, maka mereka tidak bisa datang” kata Hikmat, (06/06/2020)

Saat dihubungi kembali oleh pewarta Kominfo (07/07/2020), Hikmat mengatakan bahwa pihak Kemenkes masih menyelesaikan instal TCM dibeberapa daerah lain, sehingga belum bisa ke Natuna meski penerbangan telah dibuka.

Dari pihak Kemenkes masih menyelesaikan instal TCM di beberapa tempat sehingga belum bisa untuk datang ke natuna” , tutur Hikmat, via telepon. Selasa, (07/07/2020).

Hikmat juga mengatakan, sembari menunggu pihak Kemenkes datang menginstal alat TCM di Natuna, pihak RSUD Natuna juga sedang berusaha untuk pengadaan alat PCR sendiri menggunakan dana APBD.

“Disamping TCM, pihak RSUD juga sedang mengupayakan pengadaan alat PCR yang didanai dari APBD.” kata Hikmat.

Pengajuan tersebut sudah disetujui, masyarakat Kabupaten Natuna diharapkan tetap tenang dalam menghadapi covid-19, taat akan protokol kesehatan meski masih zona hijau.

(Diskominfo/Fera)

Official Site Manager Natuna Regency Website
Jl. Batu Sisir - Bukit Arai, Gedung B Lantai II - P. Senoa, Ranai - Natuna 29783, Indonesia.
Email: natuna@natunakab.go.id, Telp: +62-773-31554, +62-773-31554.
x

Check Also

Sosialisasi New Normal, Ngesti Sambangi Bunguran Batubi

Senin (03/08) lalu, Wakil Bupati Natuna, Ngesti Yuni Suprapti didampingi Wakil Ketua ...