web site hit counter
Home / Natuna News / Pemkab Natuna Usulkan Sejumlah Pembangunan Infrastruktur ke Pemerintah Pusat

Pemkab Natuna Usulkan Sejumlah Pembangunan Infrastruktur ke Pemerintah Pusat

Tgl Rilis: Thursday, 3 December 2020 | 14:39

Bupati Natuna, melalui Asisten II bidang Pembangunan Sekretariat Daerah Kabupaten Natuna, Tasrif, didampingi beberapa pimpinan OPD terkait mengikuti Vidcon acara Rapat Pembahasan Percepatan Pembangunan Infrastruktur dan Transportasi (Major Project dan PSN) RPJMN 2020-2024 di Provinsi Kepulauan Riau (Kepri), dengan Kemenko Maritim dan Investasi, yang dilaksanakan di Gedung Daerah Kabupaten Natuna, Jalan Batu Sisir, Desa Sungai Ulu, Kecamatan Bunguran Timur, Rabu (2/12) pagi.

Hadir pada kesempatan tersebut Pejabat Tinggi dibeberapa Kementrian seperti Kemenko Maritim dan Investasi, Kementrian PUPR, Kementrian Perhubungan, Bappenas, Perwakilan dari Pemerintah Provinsi Kepri dan beberapa perwakilan Bupati/Walikota se-Provinsi Kepri.

Dalam sambutannya Plt. Deputi Bidang Kordinasi Infrastruktur dan Transportasi Kemenko Maritim dan Investasi, Ayodhia G. L. Kalake menyampaikan, rapat koordinasi ini bertujuan untuk membahas masalah yang ada di Pemerintah Provinsi Kepri.

Adapun agenda rapat yang dibahas diantaranya mengenai rencana pembangunan jembatan Batam-Bintan, Update progress pembangunan jalan dan jembatan trans Pulau Natuna, rencana pengembangan pelabuhan Batam dan rencana pembangunan Bandara di Kabupaten Natuna.

Pada kesempatan yang sama Asisten II bidang Pembangunan Sekretariat Daerah Kabupaten Natuna, Tasrif menyampaikan, bahwa usulan dari Pemerintah Daerah Kabupaten Natuna yaitu rencana pembangunan Bandar Udara (Bandara) di Kelarik Kecamatan Bunguran Utara, pembangunan Bandara Perintis di Kecamatan Serasan, Kecamatan Subi dan Kecamatan Pulau Laut serta Bandara khusus waterbase di Pulau Senua, Kecamatan Bunguran Timur.

Adapun urgensi pembangunan Bandara baru adalah untuk mendukung perkembangan ekonomi daerah di perbatasan yang menjadi beranda terdepan NKRI, serta bagi mendukung industri perikanan dan pariwisata Kabupaten Natuna kedepan.

Untuk pembangunan Bandara khusus waterbase di Pulau Senua sendiri, lanjut Tasrif, sudah dilakukan kajian oleh Kementerian Perhubungan melalui Badan Penelitian dan Pengembangan, dan tinggal menunggu keputusan dari Kementerian Perhubungan Republik Indonesia (Kemenhub RI).

Ditambahkan Tasrif, adapun usulan lain program strategis Kabupaten Natuna dibidang bina marga, diantaranya mengenai lanjutan pembangunan ruas jalan Teluk Buton – Kelarik, lanjutan peningkatan jalan lapis hotmix ruas jalan trans Batubi-Kelarik, rekonstruksi / peningkatan jalan lapis hotmix ruas jalan SP. Bukit Leman – Trans Batubi, pembangunan jalan Pantai Sisi Kecamatan Serasan, lanjutan pembangunan jalan lingkar Serasan (PLBN), lanjutan jalan lingkar Kecamatan Pulau Laut, pembangunan jembatan ruas jalan Teluk Buton – Kelarik, penggantian jembatan sungai Semala ruas jalan Trans Batubi dan pembangunan jembatan Seminte – Sedanau.

Tasrif mewakili Pemerintah Daerah dan Masyarakat di Kabupaten Natuna berharap, seluruh usulan yang disampaikan dapat terealisasi bagi menunjang kemajuan dan percepatan pembangunan serta dapat meningkatan perekonomian masyarakat pesisir.

(Pro_Kopim/Arf)

Official Site Manager Natuna Regency Website
Jl. Batu Sisir - Bukit Arai, Gedung B Lantai II - P. Senoa, Ranai - Natuna 29783, Indonesia.
Email: natuna@natunakab.go.id, Telp: +62-773-31554, +62-773-31554.
x

Check Also

Ikut Arahan Pusat, Pemda Natuna juga Larang Mudik.

(wartaKominfo) – Berdasarkan konferensi pers terkait larangan mudik oleh Menteri Perhubungan, pada ...