web site hit counter

LOGIN EMAIL NATUNAKAB

Home / Natuna News / PT. PLN Akan Bangun PLTD Di 7 Desa Di Kabupaten Natuna Tahun Ini

PT. PLN Akan Bangun PLTD Di 7 Desa Di Kabupaten Natuna Tahun Ini

Tgl Rilis: Thursday, 22 February 2018 | 02:46

(wartaKOMINFO) – Listrik merupakan sumber energi yang sangat diperlukan saat ini, baik digunakan dalam membantu kelancaran sistem kerja perkantoran, listrik juga sangat diperlukan dalam kehidupan masyarakat pada umumnya. Kelistrikan tidah hanya dapat dirasakan oleh masyarakat yang berada di perkotaan saja, namun melalui program Listrik Masuk Desa (Lisdes), masyarakat yang hidup di Desa-Desapun akan dapat ikut merasakan listrik dari PLN tersebut.

Dalam hal ini, Berdasarkan hasil survey yang telah dilakukan oleh Tim Unit Pelaksana Proyek Ketenagalistrikan (UP2K) Kepulauan Riau, PT. PLN Persero akan membangun Pembangkit Listrik Tenaga Disel (PLTD) di 7 (tujuh) Desa di Kabupaten Natuna Provinsi Kepulauan Riau tahun 2018.

Dari ke 7 Desa tersebut merupakan desa yang ada di Kabupaten Natuna yang belum  terjangkau oleh jaringan PLN. Hal itu disampaikan Kepala PLN Natuna Dwi Ristiono yang di temui Warta Kominfo, Selasa (20/02) di Ruang Kerjanya.

Dwi mengatakan, pembangunan  lisdes di 7 desa tersebut saat ini masih pada tahap penyampaian surat dukungan atas ketersediaan lahan untuk jalur jaringan dan lahan untuk bangunan PLTD di 7 Desa itu. Lahan tersebut berbentuk hibah yang dikeluarkan oleh kecamatan, baik lahan milik pemerintah maupun lahan milik masyarakat.

“Dalam hal ini, surat permohonan dukungannya telah kami sampaikan ke Bupati, tinggal menunggu balasannya. Seperti tahun 2017, biasanya kami akan dipanggil untuk mendiskusikan hal ini sekaligus mensosialisasikannya “, ujar Dwi.

“Jika semuanya sudah terpenuhi, lengkap dengan berkas-berkasnya, sesegera mungkin akan di eksekusi “, tambah Dwi.

Dwi juga mengatakan, Selain ketersedian lahan, juga ketersediaan masyarakat untuk mendukung dalam pembersihan jalur jaringan secara gotongroyong, serta bersedia untuk menebang  pohon-pohon yang dianggap akan mengganggu dan menghambat jalur jaringan. Hal itu diharapkan dapat membantu mempercepat pembangunan PLTD di 7 Desa tersebut.

Desa yang mendapatkan program lisdes tahun 2018 tersebut diantaranya, Desa Seluan Barat, Desa Kelarik Barat, Desa Selaut, Desa Jemalik, Desa Payak, Desa Sededap dan Desa Teluk Labuh. Dengan telah dibangunnya PLTD di Desa-Desa itu nantinya, Kabupaten Natuna merupakan Kabupaten 100% Desa terjangkau PLN yang merupakan wujud dan harapan dari Program Lisdes tersebut.

Mudah-mudahan dapat secepatnya terlaksana. Jika semuanya sudah selesai, berarti Natuna adalah 100% Desa terjangkau listrik, dan sesuai dengan harapan kita bersama “, tambah Dwi.

(Diskominfo/Sumardi)

Gedung B Lantai II P. Senoa, Jl. Batu Sisir, Bukit Arai, Kab. Natuna 29783, Indonesia.
Email: mail@natunakab.go.id, Telp: 0821 6944 1216 / 0811 7755 520 (WA only)
x

Check Also

Sekolah Sudah Tatap Muka Presiden RI Himbau Kontrol Lapangan Tetap Dijalankan.

(wartaKominfo) – Terima kasih yang sebesar-besarnya atas dukungan bapak dan Ibu Bupati ...